Brokoli, Terobosan Baru Pengobatan Radang Sendi

Brokoli, Terobosan Baru Pengobatan Radang Sendi

REINHA.com – Para peneliti asal perusahaan farmasi Inggris, Evgen Pharma, telah mengembangkan versi sintetis dari senyawa kimia yang terkandung dalam brokoli. Versi sintetis ini akan digunakan sebagai obat untuk mencegah dan mengobati peradangan sendi.

Brokoli mengandung senyawa yang dikenal dengan nama Sulforaphane, yang sangat baik untuk memblokir peradangan dan kerusakan tulang rawan yang disebabkan oleh peradangan tersebut. Namun seorang pasien harus mengkonsumsi brokoli dalam jumlah yang banyak untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Karena itu Evgen Pharma akan mengembangkan versi sintetis dari Sulforaphane, dan mengemas menjadi obat dengan dosis tunggal berlabel Sulforadex atau SFX-01. Meminum sebutir Sulforadex setara dengan mengkonsumsi 2,5 kilogram brokoli.

“Tidak ada obat atau pengobatan lain yang efektif untuk menyembuhkan radang sendi, sehingga potensi penyembuhan dengan mengkonsumsi Sulforadex sangat besar” ucap Profesor Andrew Pitsillides, seperti dilansir Dailymail, 26 April 2015.

Kandungan senyawa brokoli ini juga dipercaya dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti kanker tenggorokan dan kanker mulut, penyakit kardiovaskular dan mengurangi gejala autisme. (rsn-reinha)