China Membuat Terowongan Melewati Gunung Everest

China Membuat Terowongan Melewati Gunung Everest

REINHA.com – China saat ini merencanakan untuk menggali dasar gunung Everest, gunung tertinggi di dunia, untuk membangun terowongan kereta api. Terowongan yang melintasi gunung Everest akan menghubungkan Beijing ke Calcutta, Kathmandu, hingga ke Lumbini, Nepal.

Pejabat China mengatakan bahwa pembuatan terowongan ini atas permintaan pemerintah Nepal. Nepal meminta perpanjangan jalur kereta dari pusat kota di China hingga ke perbatasan, kemudian akan diperluas lagi hingga ke Kathmandu dan terakhir akan diperluas hingga ke Lumbini, sebuah situs sejarah warisan dunia.

“Jalur ini akan dibuat melintasi gunung Everest, sehingga pekerja harus menggali terowongan yang sangat panjang” ucap Wang Mengshu, seorang ahli kereta api dari Chinese Academy of Engineering, seperti dilansir Mirror, 10 April 2015.

Persiapan penggalian terowongan kini sudah dimulai di kaki gunung Everest yang dikenal dengan nama Sagarmatha, Nepal dan di Chomolungma, Tibet.

Jalur kereta api ini diharapan akan selesai pada tahun 2020, dan rencananya akan diperluas lagi hingga ke India. Jalur ini akan menjadi salah satu perjalanan kereta api terbesar di dunia dengan rute Beijing ke Calcutta. (rsn-reinha)