Gempa 7,9 SR Landa Nepal, Korban Tewas Mendekati 450 Orang

Gempa 7,9 SR Landa Nepal, Korban Tewas Mendekati 450 Orang

REINHA.com – Sebuah gempa berkekuatan dahsyat melanda Nepal pada hari Sabtu, 25 April 2015, tepatnya pukul 12:30 waktu Nepal. Gempa berkekuatan 7,9 skala richter meruntuhkan bangunan-bangunan di ibukota Kathmandu dan kota Pokhara.

Gempa tersebut berlokasi di antara ibukota Kathmandu dan kota Pokhara, namun getarannya dirasakan hingga ke negara-negara tetangga, seperti Pakistan, Bangladesh dan India. Gempa juga diikuti dengan beberapa gempa susulan.

Gempa 7,9 SR Landa Nepal, Korban Tewas Mendekati 450 Orang

Seperti dilansir rt.com, 25 April 2015, kerusakan parah melanda kota-kota di Nepal, juga bandara ibukota. Laporan warga juga mengatakan bahwa gempa tersebut menyebabkan longsor gunung Everest.

Dalam waktu singkat, jumlah korban tewas telah mendekati angka 450 orang. Sebagian besar korban terjebak di dalam reruntuhan bangunan besar di area Kathmandu, salah satunya di dalam Dharahara Tower, Kathmandu. Dikhawatirkan jumlah korban tewas akan bertambah.

Gempa ini merupakan gempa terbesar yang terjadi di Nepal dalam 80 tahun terakhir. Sebelumnya pada tahun 2011, gempa besar melanda Nepal namun hanya menewaskan setidaknya 5 orang korban. (rsn-reinha)