Harta Karun Nazi Ditemukan Di Dasar Samudera Atlantik

Harta Karun Nazi Ditemukan Di Dasar Samudera Atlantik

REINHA.com – Harta karun milik kaum Nazi yang tenggelam di samudera Atlantik telah berhasil ditemukan oleh tim pencari dari Inggris. Harta karun tersebut berupa 100 ton koin rupee yang pada tahun 1942 dibawa oleh kapal Nazi, SS City of Kairo, namun di tengah perjalanan kapal tersebut tenggelam akibat serangan torpedo dari U-boat.

Tumpukan koin milik Departemen Keuangan Inggris tersebut diperkirakan bernilai 34.000.000 poundsterling atau setara lebih dari 600 milliar rupiah. Koin-koin dibawa oleh Nazi dalam perjalanan dari Bombay menuju Inggris, sebelum akhirnya tenggelam tidak jauh dari pulau St. Helena, di samudera Atlantik.

Seperti dilansir Dailymail, 15 April 2015, tim pencari Inggris yang dipimpin oleh seorang ahli, John Kingsford, kemudian melakukan pelacakan dengan menggunakan teknik perintis untuk melacak keberadaan bangkai kapal dengan sonar yang kuat dan robotika.

Harta Karun Nazi Ditemukan Di Dasar Samudera Atlantik

Setelah mereka berhasil mendapatkan bangkai kapal tersebut, Perusahaan Underwater Deep Ocean Search (DOS) dan 20 ahli kelautan Perancis dikontrak oleh Departemen Transportasi Inggris untuk mengangkat koin dari kedalaman 17,000 kaki, 4,500 kaki lebih dalam dari posisi tenggelamnya kapal Titanic.

“Ini merupakan pencarian yang sulit karena kedalaman air melebihi 5.000 meter dengan arus yang sangat kuat. Selain itu lokasi juga berada sekitar 1.000 mil dari punggungan Atlantik, sehingga suhu tidak terlalu baik” ucap seorang juru bicara DOS.

Ketika ditemukan, kapal tersebut dalam keadaan terbelah dua, dan kedua patahan terkubur di dalam lumpur dasar laut, sehingga pengangkatan koin-koin tersebut mengalami banyak kendala. Koin-koin tersebut berhasil diangkat pada tahun 2013, namun baru sekarang diumumkan ke publik. (jmw-reinha)