Ilmuwan Temukan Struktur Jaringan Mirip Internet Di Otak

Ilmuwan Temukan Struktur Jaringan Mirip Internet Di Otak

REINHA.com – Para ilmuwan telah melakukan penelitian selama bertahun-tahun untuk mengetahui fungsi otak berdasarkan struktur otak lobus, alur dan lipatan. Kini mereka telah menemukan bahwa di dalam otak terdapat saraf seperti ‘kabel’ yang memiliki fungsi yang sama dengan struktur jaringan internet.

Para ilmuwan menemukan struktur yang mirip dengan jaringan internet, setelah mereka membuat sketsa ‘diagram pengkabelan’ untuk otak tikus. Mereka mengatakan bahwa korteks serebral dari tikus yang mereka teliti memiliki jaringan lokal yang saling terhubung seperti ‘mini internet’.

“Korteks serebral memiliki fungsi seperti mini internet. Internet memiliki jaringan area lokal yang tidak terhitung jumlahnya, yang kemudian terhubung dengan jaringan yang lebih besar, jaringan regional dan akhirnya dengan tulang belakang dari internet itu sendiri. Otak berfungsi dengan cara yang sama” ucap Larry Swanson, professor dari USC Dornsife College, seperti dilansir Dailymail, 10 April 2015.

Meskipun hewan percobaan dianggap memiliki kemiripan tubuh dan organ, penelitian tidak berhenti sampai disitu. Selanjutnya para ilmuwan berencana untuk meneliti otak manusia, menggunakan cara yang sama dengan yang telah mereka lakukan terhadap tikus percobaan.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada 6 April 2005 kemarin dalam acara Prosiding National Academy of Sciences. (jmw-reinha)