Mencabuti Rambut Dapat Membuat Rambut Lebih Subur

Mencabuti Rambut Dapat Membuat Rambut Lebih Subur

REINHA.com – Para ilmuwan dari University of Southern California, Amerika Serikat, telah menemukan sebuah fakta yang mengejutkan dari serangkaian penelitian yang mereka lakukan baru-baru ini. Mereka menemukan bahwa mencabuti rambut dapat membuat rambut tumbuh jauh lebih banyak dari jumlah helai rambut yang dicabuti.

Seperti dilansir BBC, 10 April 2015, dalam studi yang diterbitkan baru-baru ini di Jurnal Cell, para ilmuwan telah melakukan penelitian dengan menggunakan tikus percobaan. Mereka mencabuti 200 helai bulu tikus dengan beberapa pola yang berbeda.

Pertama peneliti mencabut 200 folikel dengan pola melingkar dalam jarak diameter lingkaran 6 mm, dan tidak terjadi regenerasi sama sekali. Peneliti kemudian mencabut 200 helai bulu dari lingkaran berdiameter 5 mm, dan terjadi regenerasi sebanyak 1.300 folikel baru. Terakhir peneliti mencabut jumlah yang sama dalam lingkaran berdiameter 4 mm, dan terjadi regenerasi sebanyak 780 folikel baru.

Kesimpulannya, mencabut setiap helai rambut dapat membuat rambut baru tumbuh kembali, namun tidak ada regenerasi tambahan. Tapi ketika lebih banyak helai rambut yang dicabut di dalam satu pola, folikel-folikel seperti berkomunikasi satu sama lain untuk menentukan skala perbaikan yang dibutuhkan, maka mereka tumbuh jauh lebih banyak dari jumlah yang dicabut.

Penemuan ini merupakan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat, namun para ilmuwan belum yakin benar jika cara ini di masa yang akan datang akan menjadi solusi melawan kebotakan. Dr Cheng Ming Chuong, peneliti utama, mengatakan bahwa kedepannya penelitian ini akan diarahkan ke target yang lebih potensial, yaitu mengobati alopecia, salah satu bentuk kerontokan rambut. (rsn-reinha)