Paus Fransiskus Berdoa Untuk Korban Gempa Bumi Di Nepal

Paus Fransiskus Berdoa Untuk Korban Gempa Bumi Di Nepal

REINHA.com – Korban tewas dalam bencana gempa bumi di Nepal (25-April-2015) terus bertambah, laporan terkini mengatakan kurang lebih 1.457 orang dilaporkan tewas.

Dikutip dari vatican Radio, Paus Fransiskus berdoa untuk korban gempa bumi di Nepal dan terus mengikuti perkembangan yang terjadi disana.

Gempa dengan kekuatan 7,9 SR mengguncang Nepal pada hari sabtu ini membuat kerusakan besar di Kathmandu. Pusat gempa berada 80 km sebelah barat laut dari ibukota negara, Kathmandu. Gempa menghancurkan sebuah kuil 100 tahun, rumah-rumah dan bangunan.

Dharahara Tower, sebuah monumen nasional, yang dibangun oleh penguasa kerajaan Nepal pada tahun 1800-an juga hancur, para pejabat memperkirakan bahwa setidaknya 50 orang terjebak di dalamnya.

Gempa dilaporkan telah menyebabkan longsoran di wilayah Gunung Everest di Himalaya dan Getaran bisa dirasakan jauh di New Delhi di negara tetangga India.

Vatican Radio berbicara dengan Pastor Pius Perumana, seorang pekerja bantuan dari Caritas Nepal di Kathmandu, mengatakan banyak rumah-rumah di kota padat telah runtuh dan korban membutuhkan perawatan medis darurat dan tempat tinggal.

 “Saya berhasil mencapai Kathmandu, meskipun jalan-jalan diblokir … mereka masih mencari korban…. “katanya.

Ini adalah gempa terburuk kedua di Nepal sejak 1934, ketika sebuah gempa 8,0 skala Richter menghancurkan tiga kota: Kathmandu, Bhaktapur dan Patan.(jmw-reinha)