Penampakan Hantu Disebabkan Kualitas Udara Yang Buruk?

Penampakan Hantu Disebabkan Kualitas Udara Yang Buruk?

REINHA – Para ilmuwan hingga saat ini masih meneliti tentang hantu dari segi ilmu pengetahuan, mereka tidak percaya jika fenomena hantu merupakan sesuatu yang dianggap mistis seperti yang selama ini dipercayai banyak orang. Karena itu sejumlah ilmuwan saat ini sedang melakukan penelitian tentang penampakan hantu dan keterkaitannya dengan kualitas udara.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Clarkson University, New York, menunjukkan bahwa ada kemungkinan keterkaitan antara kualitas udara di suatu tempat atau ruangan dengan hantu yang dilaporkan pernah terlihat di tempat tersebut.

Penampakan Hantu Disebabkan Kualitas Udara Yang Buruk?

Peneliti mengatakan bahwa pengalaman melihat hantu mirip dengan gejala mental atau neurologis yang dilaporkan oleh beberapa orang yang menghirup udara beracun. Udara yang mengandung beberapa jenis jamur dan spora, seperti jamur rye ergot, dapat menyebabkan psikosis pada manusia.

“Penampakan hantu seringkali dilaporkan terjadi di bangunan tua yang memiliki kualitas udara yang buruk. Demikian pula, beberapa orang yang dilaporkan mengalami depresi, kecemasan dan efek lainnya, disebabkan oleh paparan polusi biologi di udara dalam ruangan” ucap Profesor Shane Rogers, seperti dilansir Mirror, 2 April 2015.

Rogers dan timnya saat ini sedang mengumpulkan data dan sampel udara dari tempat-tempat yang seringkali terjadi penampakan hantu. Para peneliti berharap dapat mengidentifikasi faktor-faktor unik yang membuat lokasi tersebut dikatakan berhantu. (rsn-reinha)