Penelitian : Konsumsi Vitamin Berlebih Tingkatkan Risiko Kanker

Penelitian: Konsumsi Vitamin Berlebih Tingkatkan Risiko Kanker

REINHA.com – Selama ini masyarakat menganggap dengan mengkonsumsi banyak vitamin dalam bentuk suplemen, dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun sebuah penelitian besar yang baru-baru ini dilakukan oleh para ahli penyakit kanker dunia, menunjukkan bahwa terlalu banyak vitamin dapat memicu perkembangan sel kanker.

Bersama timnya, Dr Tim Byers, salah satu ahli kanker top dunia, melakukan penelitian dengan mempelajari ribuan pasien yang selama 10 tahun mengkonsumsi vitamin berupa suplemen dan plasebo.
Mereka menemukan bahwa pasien yang mengkonsumsi vitamin tambahan mempunyai kecenderungan berisiko lebih tinggi terhadap kanker.

“Kami menemukan bahwa suplemen vitamin tersebut sebenarnya tidak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan beberapa orang memiliki risiko kanker yang lebih tinggi akibat kelebihan vitamin” ucap Dr Tim, seperti dilansir Mirror, 20 April 2015.

“Kami tidak yakin mengapa hal ini terjadi, tetapi bukti menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin lebih dari jumlah yang dibutuhkan tubuh cenderung memiliki risiko lebih tinggi terserang kanker” lanjutnya.

Dr Tim mengungkapkan tiga jenis vitamin yang paling berisiko untuk memicu kanker, yaitu suplemen vitamin E, beta-karoten dan asam folat. Dr Tim menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin-vitamin tersebut tidak melebihi jumlah harian yang disarankan. (rsn-reinha)