Wanita Tertua Di Dunia Berasal Dari Uzbekistan?

Wanita Tertua Di Dunia Berasal Dari Uzbekistan?

REINHA.com – Seorang wanita asal Uzbekistan menuntut Guinness Book of Records untuk mengganti rekor wanita tertua di dunia yang saat ini dipegang oleh wanita asal Perancis, Jeanne Calment. Wanita bernama Yangibaev, mengatakan bahwa sahabatnya yang baru saja meninggal, Tuti Yusupova, berusia 135 tahun, 13 tahun lebih tua dari Jeanne.

Seperti dilansir Dailymail, 2 April 2015, saat ini Guinness Book of Records mencatat wanita tertua yang pernah hidup di dunia adalah Jeanne Calment, yang meninggal di tahun 1997, pada usia 122 tahun. Yangibaev ingin catatan rekor dunia tersebut diganti dengan nama sahabatnya, Tuti Yusupova.

Wanita Tertua Di Dunia Berasal Dari Uzbekistan?

Yusupova meninggal dunia dalam usia 135 tahun, di minggu yang sama dengan meninggalnya Misao Okawa, 117 tahun, seorang wanita asal Jepang yang meraih gelar sebagai wanita tertua yang saat ini hidup di dunia versi Guinness Book of Records. Pemakaman Yusupova dihadiri oleh Baxadir Yangibaev, Ketua Dewan Menteri dalam otonom Republik Karakalpakstan, di utara barat Uzbekistan. (Baca juga: Wanita Tertua Di Dunia Meninggal Dunia)

Untuk membuktikan klaimnya, Yangibaev menunjukkan akte kelahiran dan paspor milik Yusupova. Di dalam akte kelahiran dan paspor tersebut tertulis dengan jelas tanggal kelahiran Yusupova yaitu lahir pada 1 Juli 1880. Bukti ini akan diteruskan kepada pejabat yang bertanggung jawab untuk mengubah rekor di Guinness Book of Records.

Yangibaev mengatakan bahwa, Uzbekistan merupakan salah satu negara paling sehat untuk hidup di dunia. Dari jumlah penduduk sekitar 30 juta orang, mereka memiliki sekitar 8.700 orang dengan usia lebih dari 100 tahun. (rsn-reinha)