12 Cara Menjadi Orang Yang Lebih Bahagia

12 Cara Menjadi Orang Yang Lebih Bahagia

REINHA.com – Kebahagiaan tidak datang dari orang lain atau lingkungan seseorang, kebahagiaan merupakan pilihan yang datang dari diri sendiri. Namun dengan berbagai situasi dan kesibukan yang dihadapi setiap hari, banyak orang yang hidup tertekan dan sulit untuk bahagia.

Seperti dilansir Mirror, 16 Mei 2015, Emma Kenny, seorang terapis psikologis dengan pengalaman kerja selama 17 tahun, mengungkapkan 12 cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kesadaran, membantu Anda untuk menikmati dunia dan membuat hidup Anda lebih bahagia.

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri
Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mental agar tetap positif.

2. Menjalin hubungan dengan teman, keluarga atau pasangan
Kebahagiaan berasal dari hubungan yang terjalin dengan baik, pastikan Anda meluangkan waktu untuk itu. Entah itu berkencan dengan pasangan, mengajak anak-anak ke taman atau makan malam bersama teman-teman.

3. Tentukan tujuan hidup Anda
Buat daftar hal-hal yang ingin Anda capai dalam hidup Anda, kemudian bulatkan tekad dan berusaha untuk mencapai hal tersebut. Menetapkan tujuan dan berusaha untuk mencapainya akan membuat Anda merasa hebat dan Anda dapat merefleksikan keberhasilan Anda.

4. Belajarlah untuk bersantai
Cobalah untuk menyisihkan waktu setidaknya dua puluh menit dalam sehari untuk melakukan hal-hal yang dapat merilekskan tubuh dan pikiran Anda, seperti berendam di bak mandi atau mendengarkan musik sambil bersantai.

5. Belajarlah untuk menjadi egois
Sebelum Anda membuat orang lain bahagia, Anda perlu memastikan kebahagiaan Anda sendiri. Penuhi kebutuhan diri sendiri, apapun itu, baru Anda akan memiliki energy untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

6. Belajarlah untuk mengatakan tidak
Berhentilah menjadi orang yang terus melakukan apapun yang diminta atau diperintahkan orang lain. Katakan tidak, jika apa yang diminta orang lain terasa tidak baik bagi Anda. Anda akan cenderung lebih bahagia karena tidak perlu kewalahan dengan apa yang sebenarnya tidak ingin Anda lakukan.

12 Cara Menjadi Orang Yang Lebih Bahagia

7. Lakukan sesuatu yang berisiko
Mengambil risiko akan membuat kita bahagia. Cobalah aktivitas baru, menghadapi rasa takut atau bergabung dengan kelompok baru dengan kegiatan yang menantang. Orang-orang yang berani mengambil risiko cenderung lebih bahagia dan berhasil.

8. Cobalah untuk hidup di masa sekarang
Banyak dari kita yang hidup dalam penyesalan atas apa yang pernah terjadi di masa lalu dan khawatir akan apa yang kelak terjadi di masa depan. Tarik nafas dalam-dalam dan lihatlah betapa menakjubkan hidup yang Anda jalani saat ini.

9. Lakukan detoks digital
Kecanduan media sosial membuat kita selalu membandingkan hidup dengan orang lain. Letakkan laptop, smartphone, atau tablet Anda, sekalipun hanya beberapa jam sehari. Itu akan sangat membantu Anda untuk mengurangi kecemasan dan lebih bahagia.

10. Pergi ke alam terbuka
Berjalan-jalan atau berlari di udara segar, selain menjadi baik untuk kesehatan fisik Anda, juga baik untuk kesehatan mental Anda.

11. Perlakukan diri Anda dengan baik
Luangkan waktu sehari untuk memanjakan diri atau pergi nonton bersama teman baik Anda. Berikan hadiah kepada diri sendiri atas apa yang telah Anda lakukan, adalah cara yang baik untuk meningkatkan harga diri Anda.

12. Cari apa yang menjadi kelebihan Anda
Identifikasikan apa yang menjadi kelebihan Anda, yang tidak dimiliki orang lain. Ini akan membuat kita mengingat betapa berbakatnya kita dan membuat kita merasa hebat. (rsn-reinha)