ISIS Hancurkan Patung Dewa Singa Terkenal Di Suriah

ISIS Hancurkan Patung Dewa Singa Terkenal Di Suriah

REINHA.com – Kelompok teroris ISIS sudah banyak menghancurkan warisan-warisan budaya dunia yang berusia ribuan tahun, dan mereka tampaknya tidak akan berhenti melakukannya. Pada sabtu lalu dikabarkan bahwa ISIS telah menghancurkan patung dewa singa yang terkenal di Palmyra, Suriah.

Lion of Al-Lat merupakan monumen yang dibangun pada abad pertama masehi, sebagai penghargaan untuk dewi Arab di masa pra-islam. Dilaporkan bahwa monumen ini menjadi sasaran utama bagi militan ISIS jika mereka berhasil melumpuhkan Palmyra.

Beberapa hari sebelumnya, militan ISIS berhasil menguasai kota Palmyra, Suriah. Mereka memenangkan dukungan dari banyak penduduk setempat dengan syarat untuk tidak menghancurkan monumen terkenal yang telah ada sejak 1.900 tahun yang lalu itu.

ISIS Hancurkan Patung Dewa Singa Terkenal Di Suriah

“Kami tidak akan menyentuh monumen bersejarah dengan buldoser kami” ucap komandan ISIS, Abu Letih, seperti dilansir Dailymail, 28 Mei 2015.

Namun hanya beberapa hari setelah mereka berjanji kepada penduduk, mereka mulai menghancurkan patung kuno dan bangunan-bangunan kuno lainnya. Hal ini dikonfirmasi oleh seorang pria lokal yang melihat langsung penghancuran bangunan bersejarah tersebut.

“Saya melihat mereka menghancurkan patung dewa singa dengan buldoser. Dan ada banyak patung-patung lain yang mereka hancurkan, tapi saya tidak bisa mengenali patung-patung itu karena benar-benar hancur” ucap saksi mata. (rsn-reinha)