Terlalu Banyak Makan Asin Tingkatkan Risiko Osteoporosis

Terlalu Banyak Makan Asin Tingkatkan Risiko Osteoporosis

REINHA.com – Osteoporosis atau kerapuhan tulang selama ini diketahui oleh masyarakat luas sebagai akibat dari kekurangan konsumsi makanan berkalsium. Namun ternyata terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi garam juga dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis.

Menambahkan garam pada makanan memang membuat makanan menjadi lebih lezat. Namun, seperti dilansir dari boldsky.com, asupan garam berlebihan bisa menghilangkan kalsium dari tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Batasi konsumsi makanan asin karena bisa membuat tulang Anda lemah dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Karena itu disarankan untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya dengan makan makanan berkalsium tinggi tapi juga menjaga agar tidak terlalu banyak makan makanan asin.

Makanan asin bukan hanya berisiko meningkatkan tulang terserang osteoporosis, namun juga bisa meningkatkan tekanan darah. Jika memang suka makan makanan asin, pastikan juga untuk mengimbanginya dengan banyak makan makanan dan minuman kaya kalsium seperti susu, dan sayuran segar.

Olahraga dan mendapat sinar matahari pagi yang sehat juga bisa meningkatkan asupan vitamin D yang membantu penyerapan kalsium pada tulang. (vml/rsn-reinha)