Wajah Rusak Parah, Pria Ini Akhirnya Mendapat Wajah Baru

REINHA.com – Richard Norris, 39 tahun, tidak sengaja meledakkan wajahnya sendiri dengan menggunakan senapan pada tahun 1997. Ia kehilangan wajah, termasuk rahang, gigi dan lidahnya. 15 tahun kemudian, Joshua Aversano, 21 tahun meninggal akibat kecelakaan mobil, dan wajahnya kini menjadi wajah baru Richard.

Seperti dilansir Dailymail, saat usianya baru 22 tahun, Richard bertengkar dengan ibunya. Karena emosi, ia mengambil senapan untuk mengancam ibunya bahwa ia akan menembak dirinya sendiri. Namun saat itu ia tanpa sengaja menarik pelatuk senapan dan meledakkan wajahnya sendiri.

Kecelakaan itu membuat Richard kehilangan bentuk wajahnya, ia juga kehilangan gigi, hidung dan lidahnya. Dia masih bisa merasakan tapi tidak bisa mencium aroma.

Cacat di wajah Richard menjadi mimpi buruk baginya. Ia harus menerima dilecehkan dan dihina oleh orang lain setiap kali ia pergi keluar dari rumah. Richard sangat frustasi dan seringkali mencoba untuk bunuh diri.

Joshua Aversano, kiri, Richard Norris sebelum wajah rusak, kanan

Joshua Aversano, kiri, Richard Norris sebelum wajah rusak, kanan

Pada tahun 2012, harapan baru datang di dalam hidup Richard. Joshua meninggal akibat kecelakaan mobil. Joshua memiliki kemiripan warna kulit dan struktur tulang dengan Richard. Keluarga Joshua bersedia mendonorkan wajah Joshua untuk ditransplantasikan di wajah Richard.

Richard kemudian menjalani salah satu operasi paling rumit dan paling mahal yang pernah ada di dunia. Butuh waktu 36 jam untuk serangkaian proses operasi yang melibatkan sebanyak 150 orang dokter dan perawat.

Setelah menjalani operasi dan berbagai perawatan intens setelah operasi, kini wajah Joshua nyaris terlihat sempurna di tubuh Richard. Namun dokter mengatakan bahwa wajah bukanlah organ seperti jantung atau hati yang seringkali ditransplantasikan. Tubuh Richard akan selalu menganggap wajah barunya sebagai benda asing, sehingga sistem kekebalan tubuh akan terus menyerangnya.

Richard harus meminum obat anti penolakan selama sisa hidupnya. Itu akan menurunkan kekebalan tubuhnya dan membuat ia rentan terhadap banyak masalah kesehatan. Karena itu sejak mendapatkan wajah baru, ia tidak boleh mengkonsumsi alkohol, merokok dan harus mencegah kulitnya agar tidak terbakar matahari. Jika pantangan itu dilanggar, penolakan tubuh terhadap wajah baru akan mengakibatkan kematian. (rsn-reinha)