Warga Nepal Kritik Media India Atas Peliputan Pasca Gempa

Warga Nepal Kritik Media India Atas Peliputan Pasca Gempa

REINHA.com – Puluhan ribu warga Nepal mengkritik media India dan liputannya pasca bencana gempa bumi yang melanda Nepal. Warga Nepal mengeluhkan bahwa para wartawan dari berbagai media India tidak sensitif dan jingoistik (cinta tanah air secara agresif), sehingga mengesampingkan sisi kemanusiaan saat meliput para korban gempa.

Seperti dilansir BBC, 4 Mei 2015, hashtag #GoHomeIndian beberapa hari ini telah menjadi trending topik di media sosial di Nepal dengan puluhan ribu tweet untuk masalah tersebut. Begitu banyak cerita, bagaimana media India, terutama dari saluran berita, telah mengabaikan sisi kemanusiaan dalam bencana ini.

Seorang warga mengungkapkan lewat media sosial, saat seorang wartawan India melihat ada korban selamat yang terluka. Bukannya menolong korban, ia malah berparade di depan kamera untuk meliput korban tersebut.

Ada juga yang mengungkapkan bagaimana seorang wartawan menghampiri seorang wanita yang sedang panik karena anaknya terkubur di antara puing-puing dan wartawan itu malah bertanya “Bagaimana perasaan Anda?”

Shashi Tharoor, mantan menteri India, dalam akun tweeter-nya mengatakan bahwa media India terus menerus mempermalukan dan membuat cemas India. Namun walaupun begitu, tidak ada yang menampik betapa besarnya peran India dalam memberikan bantuan, pencarian dan penyelamatan korban. Warga Nepal memberikan banyak pujian untuk India dalam hal tersebut. (rsn-reinha)