Alpukat Dapat Memperpanjang Hidup Penderita Leukemia

Alpukat Dapat Memperpanjang Hidup Penderita Leukemia

REINHA.com – Alpukat selama ini dikenal sebagai buah yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan mata, mencegah stroke, bahkan menekan pertumbuhan sel-sel kanker. Baru-baru ini, para peneliti mengungkapkan bahwa, alpukat juga dapat memperpanjang hidup para penderita leukemia.

Sebuah studi yang dipimpin oleh Profesor Paul Spagnuolo dari University of Waterloo, menunjukkan bahwa lemak baik atau yang dikenal dengan lemak jenuh dalam buah alpukat dapat memerangi Acute Myeloid Leukaemia (AML). AML merupakan salah satu jenih kanker yang jarang namun terkenal mematikan.

Para peneliti menemukan molekul lemak dari alpukat yang disebut avocatin B. Avocatin B dapat mampu menghentikan proses pembentukan sel-sel leukemia induk di dalam sel darah merah, sehingga sel-sel darah yang sehat memiliki kesempatan untuk tumbuh.

Alpukat Dapat Memperpanjang Hidup Penderita Leukemia

“Kami telah melakukan banyak putaran pengujian untuk menentukan bagaimana obat baru ini bekerja pada tingkat molekuler dan menegaskan bahwa molekul tersebut hanya menargetkan sel-sel induk secara selektif dan meninggalkan sel-sel yang sehat” ucap Profesor Paul, seperti dikutip dari jurnal Cancer Research.

Mengingat temuan ini, para peneliti berharap untuk menciptakan obat yang berasal dari alpukat, karena secara signifikan dapat meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup pasien AML. Profesor Paul kini telah bekerja sama dengan Pusat Komersialisasi Regenerative Medicine (CCRM), di Toronto, dan mengajukan permohonan paten untuk penggunaan avocatin B sebagai obar AML. (rsn-reinha)