EFF: Aplikasi WhatsApp Bahayakan Data Pengguna

EFF: Aplikasi WhatsApp Bahayakan Data Pengguna

REINHA.com – Para pengguna aplikasi pesan singkat WhatsApp telah menempatkan data pribadi mereka di dalam bahaya. Demikian kesimpulan yang diambil dari laporan privasi baru yang dikeluarkan oleh kelompok privasi online, Electronic Frontier Foundation (EFF), dengan judul ‘Who Has Your Back’.

Di dalam laporan tersebut EFF mengatakan bahwa, WhatsApp dinilai sebagai aplikasi pesan singkat terburuk dalam hal melindungi hak-hak penggunanya secara online.

Seperti dilansir Mirror, 18 Juni 2015, EFF telah berdiri sejak tahun 2011, mereka menganalisa sejumlah layanan online dalam hal bagaimana mereka melindungi data pengguna dan konten pengguna, terutama dari intaian pemerintah, dan seberapa transparannya layanan online tersebut.

Setelah empat tahun berdiri, baru di tahun ini EFF menyertakan nama WhatsApp, salah aplikasi pesan singkat yang paling banyak digunakan pengguna di seluruh dunia, ke dalam laporan mereka. EFF kemungkinan telah memberikan waktu satu kepada perusahaan untuk mempersiapkan aplikasi mereka lebih baik lagi.

EFF: Aplikasi WhatsApp Bahayakan Data Pengguna

EFF menilai peringkat layanan dengan lima kriteria. Apakah perusahaan mengikuti praktik terbaik untuk keamanan data pengguna? Apakah pengguna diberitahu ketika pemerintah meminta data dan konten pribadi pengguna? Apakah perusahaan menerbitkan kebijakan publik tentang bagaimana mempertahankan data pengguna? Apakah mereka mengungkapkan ketika pemerintah meminta konten pengguna dihapus? Dan apakah mereka secara terbuka menentang gagasan pemerintah untuk menciptakan backdoor ke dalam layanan untuk mempermudah akses ke konten pribadi?

Apple dan Dropbox diberikan lima bintang dan dipuji karena membela privasi pengguna mereka. Perusahaan berbintang lima lainnya termasuk Yahoo, Adobe, WordPress dan WikiMedia. Google, SnapChat, Tumblr dan Microsoft hanya mendapat tiga bintang dalam laporan, sementara Twitter dan Facebook keduanya memperoleh empat. Sedangkan Whatsapp hanya mendapatkan satu bintang. (rsn-reinha)