Lensa Bionik, Janjikan Penglihatan 3 Kali Lebih Baik

Lensa Bionik, Janjikan Penglihatan 3 Kali Lebih Baik

REINHA.com – Menurut Dr Garth Webb, mata manusia normal hanya dapat melihat paling jauh sekitar 30 meter, tidak bisa lebih dari itu. Karena itu dokter spesialis mata ini menjanjikan kemampuan penglihatan yang tiga kali lebih baik dengan menggunakan lensa bionik implan ciptaannya.

“Ini adalah peningkatan visi yang belum pernah ada di dunia sebelumnya. Jika Anda nyaris tidak bisa melihat angka jam di jarak 30 meter, dengan lensa ini Anda dapat melihat angka jam hingga 90 meter jauhnya” ucap Dr Garth, seperti dilansir Mirror, 23 Juni 2015.

Lensa bionik implan yang diberi nama ‘The Ocumetics Bionic Lens’ ini, dikatakan dapat memberikan penglihatan super kepada siapapun di segala usia.

Lensa ini akan menggantikan lensa alami di dalam mata dengan cara penggunaan dilipat dan disuntikkan ke mata dengan jarum suntik saline. Prosedur penanaman lensa ini hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit saja.

Sejauh ini, Dr Webb belum mengungkapkan terlalu banyak rincian tentang bagaimana sebenarnya lensa ini akan bekerja, sehingga sejumlah ahli merasa skeptis akan keberhasilan lensa ini. Namun, Dr Webb telah menunjukkan lensa ini kepada 14 dokter mata pada konferensi yang didedikasikan untuk katarak dan operasi mata.

Dr Webb mengatakan sejumlah ahli bedah begitu terkesan, beberapa dari mereka akan membantu dengan uji klinis nya. Terobosan ini masih memerlukan waktu penelitian lanjutan, dan diperkirakan akan siap dalam dua tahun.

Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan lensa mata super ini diperkirakan akan mencapai 2.000 poundsterling, atau sekitar 20 juta rupiah per mata. (rsn-reinha)