Pemimpin Al Qaeda Tewas Dalam Serangan AS

Pemimpin Al Qaeda Tewas Dalam Serangan AS

REINHA.com – Salah satu pemimpin tertinggi kelompok jihad Al Qaeda, Nasir al-Wuhayshi, dilaporkan telah tewas pada hari Jumat lalu, 12 Juni 2015. Menurut pejabat keamanan nasional Yaman, al-Wuhayshi tewas dalam serangan drone Amerika Serikat di wilayah Hadhramaut, Yaman.

Al-Wuhayshi merupakan seorang pimpinan tertinggi nomor dua Al Qaeda in The Arabian Peninsula (AQAP). Pria ini dikenal sebagai ‘crown prince’ yang berani muncul di muka umum. Ia pernah muncul di dalam video konspirasi pada April tahun lalu.

Al-Wuhayshi pernah memegang komando pejuang AQAP pada tahun 2009, setelah sebelumnya lolos dari penjara Yaman pada tahun 2006. Ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Osama Bin Laden.

Kematian al-Wuhayshi diumumkan melalui media sosial Twitter milik Al Qaeda yang menyebutkan bahwa al-Wuhayshi telah mati syahid.

Selain itu Al Qaeda telah menunjuk komandan militer Qasm al-Rimi atau yang dikenal sebagai Abu Hureira al-Sanaani, sebagai pengganti al-Wuhayshi.

Otoritas Amerika Serikat secara resmi telah mengumumkan kematian salah satu orang yang berpengaruh di Al Qaeda ini. (rsn-reinha)