Remaja 15 Tahun Temukan Planet Baru

Remaja 15 Tahun Temukan Planet Baru

REINHA.com – Tom Wagg, 15 tahun, seorang pelajar asal Newcastle under Lyme, Inggris, telah menemukan sebuah planet baru saat ia sedang melakukan pengamatan untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Planet tersebut memiliki ukuran yang sama dengan Pluto, dan terletak sekitar 1.000 tahun cahaya dari planet Bumi.

Tom saat itu tengah melakukan magang di Keele University, Staffordshire. Ia mempelajari data yang dikumpulkan oleh kamera yang merekam pantauan jutaan bintang di Bima Sakti dari Afrika Selatan. Ia melihat cahaya yang memudar dari satu bintang yang berjarak 1.000 tahun cahaya.

Dua tahun kemudian, para ilmuwan telah mengkonfirmasi bintang tersebut sebagai sebuah planet baru, yang kemudian dinamai WA SP-142b. Planet ini memiliki ukuran dua kali lebih besar dari bumi atau seukuran Jupiter, dan mengorbit bintangnya, WA SP-142, hanya dalam dua hari. Cahayanya yang memudar dikarenakan ada planet lain yang melintas di depannya.

Remaja 15 Tahun Temukan Planet Baru

“Saya sangat bersemangat karena telah menemukan sebuah planet baru, dan saya sangat terkesan bahwa ternyata kita dapat menemukan mereka meski mereka begitu jauh dari kita” ucap Tom, yang kini telah berusia 17 tahun dan dinobatkan sebagai penemu planet baru yang termuda.

Kamera di Afrika Selatan merupakan bagian dari proyek yang disebut WASP (Wide Angle Search for Planets). Sebuah kamera yang sama juga beroperasi di La Palma, Kepulauan Canary, untuk melihat panorama langit utara.

Dengan mengunakan kamera tersebut ada lebih dari 1.000 bintang baru telah ditemukan dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar merupakan planet yang diduga dapat dihuni, yang dikenal dengan nama Kepler. (rsn-reinha)