Wanita Ini Selamatkan Ratusan Anjing Dan Kucing Dari Festival Yulin

Wanita Ini Selamatkan Ratusan Anjing Dan Kucing Dari Festival Yulin

REINHA.com – Seorang wanita tua asal Tianjin, China, telah melakukan hal yang begitu mulia sehingga dijuluki sebagai wanita yang heroik. Yang Xiaoyun, 65 tahun, mendedikasikan hidupnya untuk menyelamatkan hewan-hewan dari pembantaian untuk Festival Yulin yang rutin diadakan setiap tahun di Yulin.

(Baca juga: Menjelang Festival Yulin, Ratusan Kucing Dan Anjing Dibantai)

Xiaoyun berusaha untuk menyelamatkan hewan-hewan itu dengan cara membeli anjing siap potong langsung dari pedagang di Festival Yulin. Ia melakukan perjalanan sejauh 1.652 mil dari rumahnya di Tianjin dan setiap tahunnya menabung sebanyak lebih dari 50.000 yuan atau sekitar 100 juta rupiah untuk membeli hewan-hewan tersebut.

Xiaoyun membawa anjing dan kucing yang dibelinya pulang ke rumah. Sejak tahun 2010 sudah 3.000 anjing dan kucing yang diadopsinya dan ditampung di rumahnya. Tahun lalu saja, tercatat sebanyak 360 anjing dan puluhan kucing yang sudah diselamatkannya.

Wanita lulusan universitas itu mulai berkampanye untuk menyelamatkan anjing pada tahun 1995 setelah kematian mendadak suaminya. Dia mulai mengadopsi anjing sejak ia membawa pulang anjing liar yang tidak sengaja ditemukannya di jalan.

Festival Yulin sudah diadakan di China sejak tahun 1990an, dan sejak tahun 2010 bisnis kuliner makanan berbahan pokok daging anjing dan kucing ini berkembang sangat pesat. Setidaknya ada 10.000 anjing yang dibantai dengan sadis untuk memenuhi permintaan para pengunjung yang lapar.

Festival ini memicu banyak aksi protes dari masyarakat dunia. Dianggap sebagai Festival bar-bar yang tidak hanya sadis namun juga merugikan banyak pihak. Setiap tahunnya ribuan hewan peliharaan dicuri, diperlakukan secara sadis, sebelum berakhir di atas piring saji. (rsn-reinha)