X

Dokter China Cangkok Potongan Tangan Ke Kaki

Dokter China Cangkok Potongan Tangan Ke Kaki

REINHA.com – Apa yang dilakukan tim dokter di China sangat jarang tapi juga luar biasa. Mereka melakukan operasi untuk mencangkok potongan tangan seorang pria ke bagian kaki, agar lengan yang tidak sengaja terpotong tersebut, dapat tetap hidup.

Seperti dilansir Dailymail, 17 Juli 2015, seorang pekerja pabrik bernama Zhou mengalami kecelakaan kerja, lengannya terputus saat mengoperasikan sebuah mesin pemotong. Zhou kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Xiangya di Changsha, Hunan, China.

Dr Tang Juyu, kepala mikro di rumah sakit tersebut memutuskan untuk memberikan kesempatan bagi Zhou untuk memperbaiki lengannya yang terputus. Dr Tang dan timnya mengaku pernah menangani kasus serupa di tahun 2013 lalu.

Lengan yang terputus dan bagian tangannya mengalami luka parah, dokter tidak dapat langsung menyambungkan lengan Zhou. Operasi penyambungan baru dapat dilakukan jika saraf dan tendon telah sembuh dari trauma. Maka dari itu Dr Tang dan timnya terlebih dahulu melakukan operasi langka dengan mencangkokkan lengan tersebut ke pergelangan kaki kanannya.

Lengan Zhou dibiarkan hidup untuk menyembuhkan dirinya dengan melekat pada pergelangan kaki selama lebih dari satu bulan. Setelah itu Dr Tang dan timnya melakukan operasi penyambungan selama 10 jam. Kini Zhou mampu menggerakkan jarinya, namun ia masih harus melakukan rehabilitasi sebelum dapat menggunakan tangannya dengan normal. (rsn-reinha)

Categories: KESEHATAN
Tags: ChinaKecelakaan KerjaOperasi