Empat Hal Ini Selamatkan Mick Fanning Dari Hiu

Empat Hal Ini Selamatkan Mick Fanning Dari Hiu

REINHA.com – Peselancar profesional yang sudah tiga kali meraih juara surfing dunia, Mick Fanning, telah diberi label berani dan beruntung setelah ia berhasil selamat dari serangan hiu dan tanpa terluka. Namun dibalik keberanian dan keberuntungan itu, para ahli hiu menguraikan empat hal yang menyelamatkan Fanning dari hiu.

Pria Australia berusia 34 tahun itu dikejar hiu saat berada dalam kompetisi final J-Bay Open di Jeffreys Bay, Afrika Selatan, pada hari Minggu, 19 Juli 2015. Ahli hiu Dr Daniel Bucher mengatakan saat itu naluri bertahan hidupnya keluar ketika ia menyadari ada seekor hiu yang mencoba menggigitnya, dan empat langkah yang ia ambil akhirnya menyelamatkan nyawanya. (Baca juga: Menegangkan, Peselancar Dikejar Hiu Saat Kompetisi)

Menyerang Balik

Dr Bucher, dosen senior biologi kelautan di Southern Cross University, mengatakan bahwa kalau dilihat dari video, besar sirip punggung hiu dan ekor menunjukkan panjang hiu tersebut mencapai 6 meter. “Jika anda diserang oleh hiu putih besar, tidak ada yang dapat anda lakukan. Namun Fanning melawan rasa takutnya. Ia menghadapinya dan berusaha melawan, ini adalah semacam hal yang akan dilakukan orang secara naluriah” ucap Dr Bucher, seperti dilansir Dailymail, 20 Juli 2015.

Menggunakan Papan Selancarnya

Fanning mengatakan bahwa hiu itu menggigit tali kaki papan selancar, yang menariknya ke bawah air tapi itu berarti ia bisa membebaskan diri dari papan.“Lebih dari apapun, ia beruntung karena hiu menangkap tali kakinya. Itu akan membuat hiu berpikir dua kali, seperti ia mendapat sesuatu yang lebih besar dari Fanning” ucap Dr Bucher.

Masih Dapat Berpikir

Setelah hiu itu berenang menjauh, Fanning memanggil sesama peselancar Australia yang ikut dalam kompetisi tersebut, Julian Wilson. Fanning memperingatkannya akan bahaya hiu. Tapi Dr Bucher mengatakan saat itu adalah waktu yang sangat penting bagi kelangsungan hidupnya karena hiu bisa saja kembali setiap saat.

“Saat serangan yang memicu andrenalin Anda tidak akan berpikir terlalu banyak. Anda harus mencoba untuk keluar dari sana sementara hiu berpikir. Anda harus mencoba untuk tidak membuat percikan terlalu banyak atau Anda akan terlihat seperti binatang yang terluka”

Cepat Keluar Dari Air

Setelah serangan itu, petugas penyelamat dengan cepat melaju ke arah Fanning saat ia panik berenang ke pantai. Fanning awalnya mencoba untuk bodysurf gelombang, Dr Bucher mengatakan ini taktik yang pintar karena diminimalkan percikan.

“Sulit untuk berenang cepat dan tidak membuat percikan. Mencoba untuk menangkap gelombang adalah jalan keluar terbaik. Beruntung kompetisi tersebut telah terorganisir dengan sangat baik, sehingga boat penyelamat sangat dekat” ucap Dr Bucher. (rsn-reinha)