Fenomena ‘Blue Moon’ Akan Terjadi Hari Ini

Fenomena ‘Blue Moon’ Akan Terjadi Hari Ini

REINHA.com – Hari ini, Jumat, 31 Juli 2015, langit malam akan menyajikan sesuatu yang berbeda kepada seluruh warga dunia. Fenomena bulan langka yang dikenal dengan ‘Blue Moon’ akan terjadi malam ini. Namun tidak seperti namanya, bulan tidak lantas berwarna biru. Mengapa demikian?

Seperti dilansir CNN, 30 Juli 2015, Blue moon adalah fenomena dimana terdapat dua kali bulan purnama di dalam satu bulan. Perhitungan ini didasarkan pada lunar kalender. Biasanya di dalam satu bulan hanya akan ada satu kali bulan purnama, namun di bulan Juli ini akan terjadi dua kali bulan purnama.

Bulan purnama yang pertama terjadi di tanggal 2 Juli, sedangkan yang kedua akan terjadi di tanggal 31 Juli. Blue moon akan lebih istimewa dibandingkan bulan purnama biasanya, bulan purnama yang terjadi dalam kurun waktu 3 tahun sekali ini akan terlihat lebih besar dari bulan purnama biasa.

Meskipun Blue moon kali ini tidak berwarna biru atau memperlihatkan semburat biru, namun Blue moon dilaporkan pernah benar-benar terjadi di tahun 1883. Saat itu semburat biru disebabkan oleh abu yang dimuntahkan oleh letusan gunung berapi Krakatau. Ilmuwan percaya puing-puing vulkanik yang menyentuh atmosfir menyebabkan bulan berwarna kebiru-biruan.

Blue moon yang benar-benar biru juga terjadi di Edinburgh, Skotlandia, pada bulan September 1950. Astronom Robert Wilson dari Royal Observatory mengamati langit dan menyimpulkan bahwa bulan itu berwarna biru karena cahaya satelit bepergian melalui sepetak awan yang memiliki partikel asap dan abu dari kebakaran hutan di Alberta, Kanada. Partikel-partikel tersebut melintasi Samudera Atlantik dan melayang di atas Skotlandia, menciptakan sebuah tontonan langka. (rsn-reinha)