Festival Sungai Di India Tewaskan 27 Orang

Festival Sungai Di India Tewaskan 27 Orang

REINHA.com – Setidaknya sebanyak 27 orang meninggal dunia dan lebih dari 40 orang luka-luka dalam festival sungai yang diadakan umat Hindu. Insiden tersebut terjadi pada hari Selasa, 15 Juli 2015, di kota Andhra Pradesh, India Selatan. Saat itu ratusan ribu umat hindu berebut ke tepi sungai untuk mandi air suci.

Arun Kumar, kepala distrik setempat, mengatakan bahwa kerumunan umat hindu memenuhi tepi sungai, sementara pengaturan keamanan selama festival tidak memadai. Tanpa diduga, ada sekitar 100.000 umat hindu yang datang memenuhi tepi sungai yang hanya mampu menampung sepertiga dari jumlah tersebut.

“Ada kekacauan di pintu masuk. Dan tiba-tiba terjadi penyerbuan ini” ucap Kumar, seperti dilansir CNN, 15 Juli 2015.

Festival Sungai Di India Tewaskan 27 Orang

Festival yang disebut Pushkaram atau Pushkaralu dalam bahasa Telugu, adalah festival mandi Hindu yang didedikasikan untuk ibadah sungai. Festival ini berlangsung selama 12 hari. Menurut astrologi Hindu, festival ini hanya terjadi setiap 144 tahun sekali.

Bagi mereka yang percaya, berenang di sungai Godavari selama periode 12 hari tersebut, dapat membersihkan mereka dari dosa-dosa yang telah mereka perbuat.

Setelah insiden ini, Perdana Menteri India Narendra Modi, mengucapkan turut berbelasungkawa kepada keluarga korban yang ia ungkapkan di akun Twitter-nya. (rsn-reinha)