Gunung Berapi Ditemukan Di Dasar Laut Australia

Gunung Berapi Ditemukan Di Dasar Laut Australia

REINHA.com – Tim peneliti tiba-tiba menemukan empat gunung berapi yang tidak diduga berada di lepas pantai Sydney, Australia. Tim dari lembaga ilmu pengetahuan nasional Australia (CSIRO) ini menemukan gunung berapi tersebut secara tidak semhaja saat pencarian larva tempat berkembangbiak lobster.

Seperti dilansir BBC, 13 Juli 2015, gunung berapi tersebut ditemukan sekitar 250 km dari lepas pantai Sydney. Cluster gunung berapi tersebut diyakini berusia sekitar 50 juta tahun. “Ini adalah pertama kalinya gunung berapi itu terlihat” ucap Richard Arculus AFP, seorang gunung berapi.

“Para peneliti mengetahui topografi permukaan Mars dengan lebih baik daripada mengetahui tentang area di planet kita sendiri, karena disana tidak ada air. Saya pikir setiap kali kita menghidupkan sorotan cahaya di dasar laut, kita akan dapat melihat hal-hal yang belum pernah kita lihat sebelumnya”

Para ilmuwan mengatakan bahwa satu gunung yang paling besar di antara empat gunung tersebut memiliki tinggi 700 meter dari dasar laut, dengan lebar kawah mencapai hingga 1,5 km.

Dengan penemuan ini diharapkan akan dapat membantu para ilmuwan untuk lebih memahami tentang kerak bumi dan komposisi lapisan mantel yang mendasarinya. Penemuan ini juga akan mengungkapkan bagaimana Australia terpisah dari New Zealand sekitar 40 hingga 80 juta tahun yang lalu. (rsn-reinha)