NASA Temukan Bumi Ke Dua

NASA Temukan Bumi Ke Dua

REINHA.com – Teleskop NASA berhasil menemukan sebuah planet dengan karakteristik yang sangat mirip dengan bumi. Para ilmuwan NASA menyebut planet ini merupakan yang paling mirip dibandingkan planet-planet kepler lain yang telah mereka temukan. Planet yang kemudian diberi nama Kepler-452b, terletak di sekitar 1.400 tahun cahaya dari planet bumi.

Seperti dilansir BBC, 23 Juli 2015, Kepler-452b mengorbit bintangnya dengan jarak yang sangat mirip dengan jarak bumi mengorbit matahari. Planet ini memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, dengan lapisan atmosfer yang lebih tebal.

Suhu udara disana diperkirakan cukup dingin dan memungkinkan adanya air di permukaan planet tersebut. Planet tersebut juga diperkirakan memiliki permukaan berbatu yang lebih baik dari bumi. Para ilmuwan menduga, planet itu mungkin ramah bagi kehidupan.

John Grunsfeld, kepala ilmu NASA menyebutkan bumi kedua ini sebagai dunia baru ‘Earth 2.0’. dengan jarak 1.400 tahun cahaya, planet ini merupakan yang paling dekat dengan bumi jika dibandingkan planet-planet mirip bumi yang lain.

Bintang induk dari planet ini memiliki usia 1,5 miliar tahun lebih tua dari matahari, dengan kecerahan yang sama dengan kecerahan matahari. Planet ini diperkirakan baru akan mengalami kondisi seperti yang kini dialami bumi 1 milliar tahun lagi. Para ilmuwan yang bekerja pada misi pencarian planet mirip bumi percaya bahwa planet ini bisa menjadi masa depan yang baik bagi bumi. (rsn-reinha)