NASA Temukan Pegunungan Es Di Pluto

NASA Temukan Pegunungan Es Di Pluto

REINHA.com – Planet Pluto belakangan ini sangat menyita perhatian tidak hanya para ilmuwan dan peneliti, tetapi juga orang awam yang memiliki ketertarikan dengan planet kerdil ini. Kemajuan teknologi telah membantu ilmuwan mengungkapkan banyak hal tentang Pluto yang selama ini masih menjadi misteri.

NASA baru-baru ini telah merilis gambar close-up dari permukaan Pluto. Gambar ini merupakan gambar terdekat yang pernah diambil oleh NASA, gambar ini diambil sekitar 1,5 jam sebelum pendekatan terdekat New Horizon probe ke Pluto. Saat itu pesawat luar angkasa NADA berada sekitar 770.000 km dari permukaan Pluto.

Dari gambar tersebut, ilmuwan NASA telah menemukan pegunungan es dengan tinggi sekitar 3,5 km di atas permukaan es Pluto. NASA memperkirakan pegunungan itu berusia kurang dari 100 juta tahun, yang membuat pegunungan itu hanyalah ‘anak-anak’ jika dibandingkan dengan usia tata surya.

NASA Temukan Pegunungan Es Di Pluto

Jeff Moore dari Tim Geofisika dan Pencitraan NASA, mengatakan bahwa gambar tersebut telah menunjukkan bagian dari Pluto yang mungkin masih aktif secara geologis. “Ini merupakan salah satu permukaan termuda yang pernah kami lihat di tata surya” ucap Jeff, seperti dilansir Sky News, 16 Juli 2015.

NASA mengatakan bahwa tidak seperti es bulan planet raksasa, Pluto tidak dapat dipanaskan dengan “interaksi gravitasi” tubuh planet lain yang jauh lebih besar. Akibatnya, para ilmuwan berpikir beberapa proses lain telah menghasilkan lanskap pegunungan.

Selain gambar close-up Pluto, NASA juga telah merilis gambar terbaru dari bulan terbesar Pluto, yaitu Charon. Para ilmuwan sama terkejutnya ketika mengamati Charon, kurangnya kawah di bulan ini menunjukkan permukaan Charon yang juga relatif berusia muda. (rsn-reinha)