Terserang Hikikomori, Jutaan Warga Jepang Mengurung Diri

Terserang Hikikomori, Jutaan Warga Jepang Mengurung Diri

REINHA.com – Jutaan warga Jepang saat ini terserang penyakit kejiwaan aneh yang membuat mereka mengurung diri di dalam kamar tidur selama bertahun-tahun. Mereka berhenti untuk bersosialisasi dengan lingkungan mereka dan memilih untuk menghabiskan waktu sendirian.

Jutaan warga Jepang itu menderita kondisi yang disebut dengan Hikikomori. Hikikomori adalah krisis dodial dan kesehatan yang mempengaruhi setidaknya satu juta orang di Jepang. Penderita Hikikomori sebagian besar merupakan pria muda usia belasan hingga dua puluhan tahun.

Mereka seolah merasa disingkirkan dari masyarakat, sehingga memutuskan untuk mengisolasi diri di dalam kamar tidur mereka. Mereka menghabiskan waktu mereka di luar rutinitas dengan menjelajahi dunia maya atau membaca komik.

Salah satu dari beberapa ahli Hikikomori di Jepang, Dr Takahiro Kato, menderita kondisi tersebut saat masih kuliah dan sekarang bekerja untuk mencegah kondisi aneh tersebut menyebar luas dan mempengaruhi generasi muda berikutnya.

Dr Kato mengatakan bahwa ia melihat kasus yang begitu parah, sehingga ada beberapa orang yang sudah berusia 50-an dan telah menarik diri dari masyarakat lebih dari 30 tahun. Menurut Dr Kato, penderita menolak untuk berhubungan dengan teman-teman, bahkan dengan keluarga mereka sendiri. Karena itu, pengobatan untuk penderita sangat sulit untuk dilakukan.

Kini Dr Kato dan tim ahli dari Kyushu University sedang mempelajari Hikikomori mempelajari faktor-faktor sosial dan biologis yang berkontribusi terhadap Hikikomori. Pengobatan untuk penderita dimulai dengan membangun kembali kemampuan komunikasi penderita, terutama dengan orang-orang terdekat mereka. (rsn-reinha)