X

Wanita Ini Tidak Bisa Berhenti Menggaruk Kulitnya

Wanita Ini Tidak Bisa Berhenti Menggaruk Kulitnya

REINHA.com – Alys Mann, 34 tahun, menderita kondisi obsessive compulsive disorder (OCD) yang berarti ia tidak mampu menghentikan dirinya melakukan tindakan yang aneh. Alys tidak bisa berhenti untuk menggaruk kulitnya sendiri. Setidaknya tiga jam dalam sehari ia habiskan untuk menggaruk.

Ibu dari dua anak asal Felinhell, North Wales, Inggris, ini menderita penyakit dermatillomania yang membuat penderitanya merasa terdorong untuk menggaruk dan mengelupaskan kulitnya sendiri. Kondisi ini merupakan salah satu bentuk dari OCD, kondisi psikologis yang tidak dapat berhenti melakukan tindakan aneh meskipun melukai diri sendiri.

“Saya tidak ingin melukai kulit saya, tapi saya tidak bisa menahannya, seperti ketika saya melihat orang lain menggigit kuku mereka. Saat melakukan itu ada perasaan gembira, tapi kemudian saya merasa bersalah dan malu. Saya melakukannya tanpa sadar, seperti ketika saya menonton TV atau melakukan hal lain” ucap Alys, seperti dilansir Mirror, 19 Juli 2015.

Menurut Alys, ia pertama kali melakukan hal ini aneh ketika ia berumur 9 tahun. Saat itu ia mengelupaskan kulit di bekas luka pada lututnya di jam istirahat sekolah. Apa yang dilakukannya semakin hari semakin buruk. Tak hanya di lutut, ia juga melakukannya di dada, wajah, lengan dan bagian manapun yang bisa dijangkau tangannya.

Alys menikah dengan Aled dan memiliki dua anak. Dia khawatir kondisi ini akan memiliki efek buruk pada anak-anaknya. Ia khawatir kondisi ini akan dituruni oleh kedua anaknya. Tidak ada obat untuk kondisi tersebut tetapi Alys berharap untuk memulai terapi perilaku kognitif untuk dapat mengendalikan dirinya. (rsn-reinha)

Categories: KESEHATAN
Tags: InggrisKondisi AnehOCD