Air Panas Dan Lemon Di Pagi Hari Dapat Merusak Gigi

Air Panas Dan Lemon Di Pagi Hari Dapat Merusak Gigi

REINHA.com – Air panas dan lemon selama ini digancang-gancangkan sebagai cara yang modis untuk memulai hari. Bahkan artis Hollywood seperti Jennifer Aniston, Gwyneth Paltrow, dan Claudia Schiffer, menyebut minuman ini sebagai minuman dengan segudang manfaat. Dan itu memang terbukti benar, minuman ini memang sangat baik bagi kesehatan.

Meminum perasan lemon yang diseduh dengan air panas di pagi hari sebelum memulai aktivitas kini merupakan tren kesehatan yang mendunia. Perpaduan ini diyakini memiliki banyak manfaat, mulai dari asupan vitamin C, mengeluarkan racun-racun di tubuh, sampai dengan mengurangi lemak di perut. Namun baru-baru ini seorang dokter gigi senior mengatakan bahwa air panas dan lemon dapat merusak gigi Anda.

Profesor Damien Walmsley, dari British Dental Association, mengatakan bahwa sejumlah studi yang telah dilakukan para dokter gigi di dunia, menunjukkan bahwa semakin asam minuman yang dimunim dapat mengikis enamel gigi dan menyebabkan gigi berbintik-bintik dan berubah warna. Dan suhu pada air yang dipadukan saat meminum air lemon dapat memperparah efek samping ini.

“Jus lemon memiliki pH antara 2 dan 3 karena itu sangat asam, suhu air dapat memperburuk efek ini karena erosi yang lebih para pada suhu yang lebih tinggi. Ini merupakan malapetaka bagi gigi Anda jika diminum secara teratur. Akan terjadi pelunakan dan pengkikisan pada permukaan enamel gigi yang dikenal sebagai erosi gigi” ucap Profesor Damien, seperti dilansir Dailymail, 21 Agustus 2015.

Untuk mengurangi efek erosi, Profesor Damien menyarankan untuk meminum air lemon dalam sekali tegukan tanpa harus menyeduhnya terlebih dahulu dengan menggunakan air panas. Jika tetap ingin menambahkan air, usahakan tambahkan air dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dan gunakan sedotan untuk meminumnya sehingga cairan asam dalam lemon melewati gigi. (rsn-reinha)