Angin Topan Kembar Bergerak Menuju Asia

Angin Topan Kembar Bergerak Menuju Asia

REINHA.com – Negara-negara di benua Asia, khususnya Taiwan dan Jepang, diperkirakan akan menghadapi angin kencang dan hujan deras pada akhir pekan ini. Cuaca buruk di Asia disebabkan oleh datangnya angin topan kembar, topan Goni dan Atsani.

Menurut Joint Typhoon Warning Centre, saat ini kedua topan kembar tersebut berada di bagian barat Samudera Pasifik dan bergerak menuju benua Asia. Topan Goni bergerak ke arah Taiwan, sementara topan Atsani bergerak ke arah Jepang.

Belum pasti apakah kedua topan ini akan mendarat di daratan atau tidak, namun pengamat dari Joint Typhoon Warning Centre memperingatkan bahwa Taiwan mungkin akan diserang oleh hujan lebat. Pengamat juga memperkirakan kedua badai ini akan menguat di keesokan hari dan statusnya bisa saja meningkat menjadi ‘super topan’.

Jika itu terjadi, itu akan menjadi pertama kalinya sejak terakhir kali angin topan itu menghantam Pasifik pada tahun 1997, menurut AccuWeather meteorologi, Anthony Sagliani. Sebuah ‘super topan’ dinyatakan ketika kecepatan angin atas mencapai atau melebihi 150mph (240 k / ph).

Awal bulan ini, topan Soudelor menerjang Taiwan, menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai puluhan lainnya. Deras hujan dan angin kencang juga menyebabkan lebih dari satu juta rumah tanpa listrik di provinsi Fujian di China.

Seperti dilansir Sky News, 18 Agustus 2015, Topan yang umum pada saat ini tahun di Laut Cina Selatan dan Pasifik, mengambil kekuatan dari perairan hangat sebelum akhirnya kehilangan kekuatannya di darat. (rsn-reinha)