Angin Topan Kembar Tewaskan 10 Orang Di Filipina

Angin Topan Kembar Tewaskan 10 Orang Di Filipina

REINHA.com – Angin topan kembar telah diperkirakan bergerak ke arah Asia sejak kemunculannya di Samudera Pasifik. Angin topan kembar ini akan menyebabkan hujan lebat dan angin kencang pada akhir pekan ini, khususnya di Taiwan dan Jepang. Namun saat ini salah satu dari topan tersebut menyerang Filipina dan telah menewaskan 10 orang.

Menurut perkiraan Joint Typhoon Warning Centre, topan Goni akan bergerak ke arah Taiwan, sementara kembarannya, topan Atsani akan bergerak menuju ke Jepang. Namun perkiraan tersebut nampaknya telah meleset. (Baca juga: Angin Topan Kembar Bergerak Menuju Asia)

Seperti dilansir CNN, 23 Agustus 2015, pada hari Sabtu kemarin, topan Goni atau yang juga dikenal sebagai Ineng di negara kepulauan, telah menerjang negara Filipina. Topan Goni telah menyebabkan banjir di sembilan lokasi yang berbeda, delapan tanah longsor, dua tornado dan meruntuhkan sebuah jembatan di Filipina.

Pihak berwajib melaporkan sebanyak 10 orang tewas, 3 orang masih dalam pencarian dan 7 orang terluka dalam bencana ini, dan pemerintah terpaksa mengevakuasi hampir 13.000 orang penduduk. Pada Minggu pagi, badai mulai sedikit melemah dari kekuatan angin awal 106 mph menjadi 86 mph.

Awal minggu ini topan Goni diperkirakan akan bergerak ke daratan Jepang bagian selatan, namun perkiraan tersebut meleset. Sementara itu, topan Atsani masih terus berputar di atas perairan terbuka di Samudera Pasifik dengan kekuatan angin 92 mph. Topan Atsani diperkirakan akan melemah sebelum sampai ke daratan Taiwan. (rsn-reinha)