Ditemukan Burung Beo Langka Yang Diyakini Telah Punah

Ditemukan Burung Beo Langka Yang Diyakini Telah Punah

REINHA.com – Seorang fotografer satwa liar tanpa sengaja menemukan seekor burung beo dari spesies yang sangat langka di Queensland, Australia. Para ilmuwan di Australia selama ini meyakini bahwa spesies burung beo ini telah punah sejak sekitar 100 tahun yang lalu. Karena itu penemuan ini sangat mengejutkan mereka.

Seperti lansir Sky News, 11 Agustus 2015, John Young, seorang fotografer satwa liar dan alam, saat itu sedang mengambil foto di sebuah padang pasir yang gersang di Queensland. Ia melihat burung langka yang dikenal sebagai ‘Night Parrot’ dan segera mengabadikannya dalam rekaman video.

John kemudian menghubungi Dr Steve Murphy, seorang ahli burung beo, untuk membantunya mengkonfirmasi penemuannya. Dr Steve membenarkan bahwa yang ditemukan John memanglah burung beo langka Night Parrot atau burung beo malam.

Burung beo malam yang hidup di Australia, diyakini telah punah sejak awal abad ke-20. Burung ini terakhir kali terlihat dalam kondisi hidup pada tahun 1912. Setelah itu sejumlah burung beo malam ditemukan mati pada tahun 1990 hingga 2006.

Penemuan burung beo malam kali sangat penting bagi para ilmuwan untuk melestarikan spesies burung tersebut. Para ilmuwan tersebut akan mengumpulkan dana untuk membeli area tanah dimana burung itu ditemukan, guna menjaga habitat burung itu tetap aman. (rsn-reinha)