Facebook: “LOL” Sudah Tidak Lagi Digunakan

Facebook: “LOL” Sudah Tidak Lagi Digunakan

REINHA.com – LOL merupakan singkatan yang umum digunakan di media sosial untuk mengekspresikan tertawa yang terbahak-bahak atau ‘Loud Of Laugh’. Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu media sosial, Facebook, singkatan LOL sudah tidak lagi digunakan terutama oleh pengguna media sosial yang berusia muda.

Seperti dilansir Sky News, 10 Agustus 2015, Facebook melakukan studi terhadap ekspresi para pengguna Facebook untuk mengungkapkan ‘tertawa terbahak-bahak’. Hasil studi menunjukkan bahwa pengguna pria biasanya menggunakan kata ‘haha’ atau ‘hehe’, sementara pengguna wanita lebih banyak menggunakan emoji.

Persentase penggunaan kata ‘haha’ mencapai angka tertinggi yaitu 51,4%. Di urutan ke dua, penggunaan emoji dengan persentase 33%, sementara penggunaan kata ‘hehe’ berada di urutan ke tiga dengan persentase 13%.

Sedangkan singkatan LOL sudah tidak lagi digunakan oleh para pengguna Facebook, terutama oleh pengguna yang berusia di bawah 28 tahun. Persentase penggunaan LOL ternyata hanya sebanyak 1,9%, angka yang sangat kecil jika dibandingkan ‘haha’, ‘hehe’, dan emoji.

Penelitian tersebut dilakukan setelah sebuah artikel yang diterbitkan di majalah The New Yorker pada bulan April, membahas mengenai cara yang berbeda yang dilakukan orang-orang untuk menunjukkan ekspresi tertawa mereka dengan menggunakan teks. Facebook memutuskan untuk menganalisis tulisan dengan sumber pengguna di AS pada minggu terakhir bulan Mei, dan sekarang telah menerbitkan temuannya. (rsn-reinha)