Hiu Paus Langka Dipotong Hidup-hidup Untuk Dijual

Hiu Paus Langka Dipotong Hidup-hidup Untuk Dijual

REINHA.com – Sebuah video mengerikan merekam bagaimana seekor hiu paus raksasa berada di tengah kerumunan orang-orang dan disembelih hidup-hidup. Video tersebut diunggah ke YouTube dan memicu kemarahan dari para aktivis hak-hak binatang, mereka menganggap penyembelihan tersebut kejam dan mengerikan.

Dalam video berdurasi 20 detik, diperlihatkan dua orang pekerja mulai memotong hiu paus itu di bagian siripnya. Mereka melanjutkan pemotongan hingga seluruh tubuh besar hiu tersebut terbagi menjadi potongan-potongan kecil. (Lihat videonya di sini)

Saat proses pemotongan, insang besar hiu tersebut terlihat bergerak, hiu paus itu masih bernafas meski sebagian tubuhnya telah terpotong-potong. Mulutnya membuka dan menutup, jelas ia berusaha untuk bernafas agar tetap hidup.

Ketika gergaji sampai di bagian tengah, dari tubuh yang terpotong menyembur darah bercampur air yang sangat banyak. Sekitar 20 orang, termasuk anak-anak, yang menonton terkesiap dan berseru bahwa ‘ini terlalu kejam’.

Hiu paus merupakan spesies ikan terbesar di dunia, panjangnya bisa mencapai lebih dari 12 meter. Hewan langka ini dilindungi oleh hukum, tidak boleh diburu atau dijual dagingnya. Orang-orang yang melanggar hukum bisa menghadapi tuntutan pidana.

Hiu paus digolongkan sebagai hewan langka karena keberadaannya tercatat hanya sebanyak 6.500 ekor di dunia. Sementara itu, menurut penyelidikan di tahun 2014, setidaknya ada 600 ekor hiu paus yang ditangkap dan disembelih untuk kemudian di jual di pasar-pasar ikan di China. (rsn-reinha)