Makanan Anti Penuaan Untuk Pria

Makanan Anti Penuaan Untuk Pria

REINHA.com – Awet muda cenderung lebih popular di kalangan para wanita, namun sebenarnya penuaan yang disebabkan oleh bertambahnya usia bukan hanya milik wanita saja. Pria juga mengalami tanda-tanda penuaan saat memasuki usia paruh baya yang disebabkan oleh menurunnya kadar hormon testosteron.

Seperti dilansir Dailymail, 9 Agustus 2015, pria memang tidak mengenal istilah menopause, namun bukan berarti pria terbebas dari tanda-tanda penuaan yang dialami wanita saat memasuki masa menopause. Di usia 40-an kadar hormon testosteron yang dihasilkan tubuh secara alami mulai menurun. (Baca juga: Diet Anti Penuaan Untuk Tetap Awet Muda)

Sama halnya pada penurunan hormon estrogen pada wanita, penurunan hormon testosteron pada pria akan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Tanda-tanda penuaan pada pria berupa berkurangnya massa otot dan digantikan dengan lemak terutama di bagian perut, suasana hati yang buruk dan menurunnya fungsi seksual.

Namun menurut Dr Caroline Apovian, seorang ahli gizi dan spesialis anti penuaan dari Boston University School of Medicine, kadar testosteron juga dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki peran besar dalam memproduksi hormon ini, yaitu makanan yang mengandung zinc dan magnesium, serta rendah kolesterol. Apa saja jenis makanan tersebut?

Kuning telur

Makanlah telur secara utuh, bagian putih dan kuningnya, untuk meningkatkan kadar testosteron. Karena kolesterol baik di dalam kuning telur akan diubah tubuh menjadi hormone testosteron.

Biji-bijian

Beras merah, bulgur, couscous, barley dan quinoa mengandung vitamin, mineral, dan fitokimia yang baik untuk menjaga kesehatan prostat. Konsumsi biji-bijian ini sebanyak 100g / 4 sendok makan sebagai pelengkap menu harian Anda.

Tomat

Lycopene, pigmen merah terang yang ditemukan dalam tomat (terutama tomat yang diolah menjadi saus tomat) telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker, termasuk kanker prostat.

Semangka

Makanan kaya potassium definitif dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke, dan semangka memiliki lebih banyak kalium. 664mg kalium terdapat di dalam sepotong besar semangka, lebih tinggi dari pisang atau segelas jus jeruk.

Jamur

Jamur memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi kadar testosteron yang rendah. 2 – 3 buah jamur tidak sudah cukup untuk memberikan suplai zinc untuk sehari. Makanan yang merupakan sumber zinc lainnya adalah daging tanpa lemak, makanan laut, dan bayam. Ini akan membantu melindungi Anda dari kanker prostat, mempertahankan tingkat testosteron, dan meningkatkan fungsi seksual. (rsn-reinha)