Makhluk Laut Langka Nautilus Terlihat Di Papua Nugini

Makhluk Laut Langka Nautilus Terlihat Di Papua Nugini

REINHA.com – Begitu banyak makhluk laut yang sangat asing di mata orang-orang, bahkan banyak juga yang merasa tidak percaya bahwa makhluk-makhluk semacam itu pernah ada. Itulah mengapa seorang ahli biologi, Peter Ward, berusaha membuktikan keberadaan makhluk laut langka di Papua Nugini, yang terakhir kali dilihatnya 31 tahun yang lalu.

Seperti dilansir Mirror, 29 Agustus 2015, Nautilus merupakan jenis moluska yang dikenal dengan nama ilmiah Allonautilus scrobiculatus. Makhluk ini disebut-sebut sebagai salah satu hewan terlangka di dunia yang telah ada selama lebih dari 500 juta tahun.

Profesor yang bekerja untuk University of Washington pernah sekali melihat sosok mungil Nautilus pada tahun 1984. Sejak saat itu ia berusaha mencari tahu lebih banyak tentang Nautilus. Sejak tahun 2011, Peter dan timnya mulai melakukan pencarian di perairan sekita Papua Nugini, lokasi yang dipercaya merupakan habitat dari Nautilus.

Tim pencari memasang kamera di kedalaman 500 hingga 1.300 kaki di bawah permukaan laut, mereka kemudian memasang umpan berupa ikan dan daging ayam yang digantungkan pada tiang. Setiap malam mereka memasang umpan dan menyalakan kamera perekam selama 12 jam hingga pagi datang.

“Tahun ini, ada sekitar 30 orang yang terlibat dan setiap hari kami semua akan menonton film dari malam sebelumnya dengan kecepatan 8x” ucap Peter.

Pencarian melelahkan itu akhirnya membuahkan hasil setelah pada bulan Juli tahun ini, dua ekor Nautilus terekam kamera. Mereka terekam satu kamera yang diletakan di Pulau Ndrova, Papua Nugini, saat mendekati umpan yang disediakan.

Makhluk aneh itu terlihat melengkung seperti udang, dengan cangkang mirip siput namun berlendir dan berbulu. Separuh matanya tutup cangkang, dan mereka memiliki seperti kumis udang. Peter mengatakan, makhluk ini tidak akan kembali ke daerah yang telah mereka datangi. Tapi walaupun begitu Peter tetap bersemangat untuk mencari keberadaan Nautilus yang lain. (rsn-reinha)