Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Kulit

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Kulit

REINHA.com – Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesuburan dan kesehatan rambut. Tanaman ini seringkali digunakan sebagai bahan produk perawatan rambut, seperti shampo, tonik, dan conditioner. Tapi ternyata lidah buaya juga sangat baik untuk kesehatan dan merawat kecantikan kulit.

Di dalam lidah buaya terdapat kandungan senyawa biologis aktif seperti, polymannans, antrakuinon, mannans asetat, dan senyawa lektin. Yang berfungsi sebagai detoksifikasi yang mampu menetralisir racun, mengatasi stress, meningkkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengobati gangguan cerna, menyembuhkan berbagai jenis luka luar dan dalam, mengatasi kebotakan dan lain sebagainya.

Dan untuk kecantikan kulit terutama kulit wajah, ternyata lidah buaya juga memiliki banyak manfaat. Seperti dilansir Disehat.com, manfaat tersebut diantaranya adalah.

Mengencangkan dan mencerahkan kulit

Tanaman lidah buaya ini tidak menyebabkan iritasi karena cocok untuk segala jenis kulit. Hal ini dikarenakan, tanaman lidah buaya memberikan supply oksigen ke sel-sel tubuh yang dapat menyehatkan kulit. Anda bisa memanfaatkan gel lidah buaya untuk dijadikan masker. Jika diaplikasikan dengan rutin, lidah buaya dapat membuat kulit lebih cerah, lembut dan lebih kencang.

Menghilangkan jerawat

Tak hanya membuat kulit kencang, lembut dan cerah, lidah buaya ternyata sangat baik untuk menghilangkan jerawat di wajah. Adapun cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan bagian lendir, getah atau gel lidah buaya pada bagian wajah yang berjerawat, lalu diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Menghilangkan flek hitam

Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan flek-flek hitam pada wajah akibat kosmetik maupun noda bekas jerawat. Caranya yaitu, dengan mengambil gel lidah buaya yang telah dibersihkan lalu oleskan ke wajah setiap pagi dan malam hari. Diamkan hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan sebanyak 2 x sehari.

Memperbaiki kulit wajah yang bopeng

Lidah buaya terbukti dapat menyempurnakan bagian kulit wajah yang bopeng karena kandungannya dapat mengembalikan jaringan kulit yang bermasalah. Adapun cara memanfaatkan lidah buaya ini adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah yang bopeng secara merata dan teratur. Sehingga dapat mempercepat menyamarkan kulit wajah bopeng Anda.

Membersihkan make up

Lidah buaya tak hanya bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit saja, tetapi juga bisa Anda manfaatkan sebagai pembersih make-up. Caranya dengan memakai gel lidah buaya alami untuk membersihkan make-up sehari-hari. (rsn-reinha)