Pekerja Terpanggang Di Oven, Perusahaan Ini Didenda 80 M

Pekerja Terpanggang Di Oven, Perusahaan Ini Didenda 80 M

REINHA.com – Sebuah perusahaan industri makanan harus membayar denda sebanyak $ 6 juta atau sekitar 80 miliar rupiah untuk menutup kasus pidana yang menimpa perusahaan tersebut. Perusahaan yang berdomisili di California itu, harus berhadapan dengan hukum setelah seorang pekerjanya tewas terpanggang di dalam oven bersama enam ton ikan tuna.

Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2012 silam. Jose Melena saat itu sedang berada di dalam oven untuk memasukkan ikan tuna yang akan dipanggang. Seorang rekan kerjanya salah mengira bahwa Jose sudah keluar dari oven dan pergi ke kamar mandi. Rekan kerjanya kemudian mengunci oven dari luar dan menyalakan mesin oven raksasa tersebut.

Jose akhirnya meninggal dengan cara yang sangat mengerikan, ia terpanggang di dalam oven bersuhu 270 derajat bersama enam ton ikan tuna. Mayatnya ditemukan setelah dua jam kemudian oven dimatikan. Atas kejadian tersebut, perusahaan Bumble Bee Foods harus menghadapi tuntutan hukum atas tidak adanya jaminan keselamatan kerja bagi para pekerja mereka.

“Ini adalah cara kematian terburuk yang pernah saya saksikan. Saya pikir setiap orang akan memilih mati dengan cara di tembak atau ditikam daripada harus mati perlahan karena dimasak di dalam oven” ucap Hoon Chun, wakil jaksa yang menangani kasus tersebut, seperti dilansir Sky News, 13 Agustus 2015.

Bumble Bee Foods tidak memiliki prosedur keselamatan yang akan membuat oven berhenti bekerja ketika seorang pekerja berada di dalam, atau memberikan jalan keluar atau spotter untuk berjaga-jaga. Karena itu perusahaan, bersama dengan direktur operasi pabrik, Angel Rodriguez dan mantan manajer keselamatan, Saul Florez, masing-masing didakwa dengan tiga dakwaan melanggar aturan Keselamatan dan Kesehatan Administrasi.

Sementara perusahaan harus membayar denda sebesar dan ganti rugi kepada keluarga korban. Angel dan Saul harus mendekam di penjara selama tiga tahun dan juga membayar sejumlah denda.

Bumble Bee Foods setuju untuk mengaku bersalah atas kejahatan ringan yang dengan sengaja telah gagal memberikan program keselamatan yang efektif. Perusahaan harus memperkenalkan langkah-langkah keamanan ditambah dengan meng-upgrade oven dengan biaya $ 3 juta atau sekitar 40 miliar rupiah agar pekerja tidak dapat terjebak di dalam. (rsn-reinha)