Penelitian: Minuman Teh Susu Dapat Putihkan Gigi

Penelitian: Minuman Teh Susu Dapat Putihkan Gigi

REINHA.com – Teh merupakan salah satu minuman yang paling familiar dan banyak dikonsumsi masyarakat dari kalangan manapun, begitu juga dengan susu. Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi teh dengan campuran susu, ada kabar gembira bagi Anda. Karena baru-baru ini sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman teh susu dapat memutihkan gigi.

“Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dan proses pembuatannya mempengaruhi bagaimana teh membuat noda di gigi” ucap Dr Ava Chow, dari University of Alberta’s School of Dentistry, Alberta, Kanada.

“Semakin teh diproses atau teroksidasi, maka akan semakin tinggi sifat pewarnaan yang ada. Namun kami telah menemukan solusi dari masalah tersebut. Kami menemukan bahwa penambahan susu saat meminum teh dapat mengurangi kemampuan teh dalam membuat noda di gigi” lanjut Dr Ava, seperti dilansir Dailymail, 17 Agustus 2015.

Dr Ava mengatakan bahwa, teh mengandung tanin, senyawa larut dalam air yang menyebabkan rasa pahit. Tanin berwarna gelap dan dapat membuat noda di gigi. Dan di dalam susu, terdapat kandungan kasein, protein utama susu yang dapat mengikat tanin dalam teh dan mencegah noda di gigi.

Penelitian yang dilakukan Dr Ava menempatkan butiran gigi dalam larutan teh dan teh susu selama 24 jam dalam suhu 37 C. Hasilnya, sementara yang di dalam larutan teh gigi menjadi kekuningan, gigi di dalam teh susu semakin putih. Bahkan menurut Dr. Ave pemutihan yang disebabkan teh susu lebih efektif daripada menggunakan pasta gigi dengan whitening. (rsn-reinha)