Suhu Di Iran Mencapai 74C, Terpanas Di Dunia

Suhu Di Iran Mencapai 74C, Terpanas Di Dunia

REINHA.com – Musim panas ekstrim sedang melanda seluruh belahan dunia. Warga di benua Eropa terpaksa beramai-ramai menanggalkan pakaian lengkap, mengenakan sandal dan celana pendek, karena ‘musim panas yang gila’ hingga . Namun yang paling ekstrim tercatat suhu di Iran, yang mencapai hingga 74 C di siang hari.

Seperti dilansir Dailymail, 31 Juli 2015, suhu di kota Baghdad pada tanggal 30 Juli 2015, tercatat setinggi 52C. Namun keesokan harinya, suhu melonjak tinggi di Timur Tengah, bahkan Iran mencapai suhu terpanas atau bahkan dinyatakan sebagai suhu paling ekstrim di dunia dengan panas hingga 74C.

“Itu adalah salah satu dari peningkatan suhu paling luar biasa yang pernah saya lihat dan itu berita cuaca paling ekstrim yang pernah ada di dunia,” kata ahli meteorologi AccuWeather Anthony Sagliani.

Suhu panas sudah menyerang Iran dan negara Timur Tengah lainnya sejak awal Juli. Akibat musim panas ekstrim ini, pemerintah di Irak bahkan menyatakan bahwa pada tanggal 31 Juli hingga empat hari kedepan sebagai hari libur nasional wajib bagi warga Irak, karena suhu di luar rumah terlalu panas untuk orang-orang beraktivitas.

Sebelumnya, musim panas ekstrim juga pernah melanda negara-negara di Timur Tengah, dan dinyatakan sebagai suhu paling tinggi yang pernah terjadi di Timur Tengah. Pada tanggal 8 Juli 2003, kota Dhahran, Arab Saudi, mencapai suhu 81C. (rsn-reinha)