9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

9 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

REINHA.com – Tomat seringkali membingungkan apakah merupakan jenis buah atau sayuran. Tapi walaupun begitu tidak ada keraguan bahwa makanan ini merupakan makanan super yang padat nutrisi dan kaya akan manfaat. Salah satunya mengandung lycopene yang baik untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat baik dari tomat, seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi si bulat merah ini secara rutin dan dalam porsi yang lebih banyak dari biasanya. Bagi Anda yang mungkin belum tahu banyak tentang manfaat tomat, berikut ini sejumlah manfaat tomat bagi kesehatan.

Mencegah Kanker

Tomat memiliki kandungan tinggi antioksidan, vitamin C dan antioksidan lainnya. Zat-zat ini dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

Mencegah Kanker Prostat

Lycopene yang banyak terkandung dalam tomat telah dikaitkan dengan pencegahan kanker prostat dalam beberapa studi. Menurut John Erdman, Ph.D., Profesor Emeritus dari departemen ilmu makanan dan nutrisi manusia di University of Illinois, meningkatkan konsumsi tomat akan menurunkan risiko terserang kanker prostat.

Mencegah Kanker Kolorektal

Beta-karoten yang terkandung dalam tomat telah terbukti menurunkan perkembangan kanker usus besar pada populasi penduduk di Jepang. Tinggi serat dari buah-buahan dan sayur-sayuran berkaitan dengan menurunkan risiko kanker kolorektal.

Menurut American Cancer Society, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak tomat memiliki risiko lebih rendah dari jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, paru-paru, dan kolorektal. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apa mungkin kandungan lycopene memainkan peranan dalam pencegahan atau pengobatan kanker.

Menjaga Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium (garam) yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah, namun meningkatkan asupan kalium mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasi. Asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20 persen penurunan risiko kematian. Tomat yang kaya kalium sangat baik untuk memenuhi asupan kalium sehari-hari.

Menjaga Kesehatan Jantung

Serat, kalium, vitamin C dan kolin dalam tomat, bersama dengan mengurangi asupan kalium, merupakan duet yang sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Merawat Kesehatan Kulit

Kolagen alami yang dibentuk tubuh untuk menjaga kesehatan kulit sangat bergantung pada vitamin C sebagai nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh kita sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh matahari, polusi dan asap. Mengkonsumsi tomat sangat baik untuk menjaga asupan vitamin C yang sangat baik bagi kulit.

Mencegah Sembelit

Di dalam satu cangkir tomat terkandung sekitar 2 gram serat, serat sangat penting untuk meminimalkan sembelit dan melunakkan tinja. Tomat juga mengandung tinggi air, yang akan membantu Anda tetap terhidrasi dan buang air besar lebih lancar.

Baik Untuk Ibu Hamil

Tomat ternyata juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Di dalam tomat terdapat kandungan asam folat tinggi yang penting bagi janin agar terhindar dari cacat di masa kehamilan.

Mengurangi Depresi

Asam folat dalam tomat juga dapat membantu mengurangi depresi dengan mencegah kelebihan homosistein yang dibentuk di dalam tubuh. Homosisrein merupakan zat yang menghambat darah dan nutrisi lain dari mencapai otak. Kelebihan homosistein mengganggu produksi hormon yang mengatur suasana hati, kualitas tidur dan nafsu makan, yaitu hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine. (rsn-reinha)