Balita Pengungsi Suriah Ditemukan Tewas Di Pantai Yunani

Balita Pengungsi Suriah Ditemukan Tewas Di Pantai Yunani

ONVSOFF.com – Seorang anak perempuan berusia 5 tahun ditemukan dalam keadaan tewas di lepas pantai Yunani. Balita itu merupakan satu dari ribuan pengungsi asal Suriah yang saat itu berusaha menyebrangi lautan untuk keluar dari negara mereka yang dilanda konflik. Bersama dengan anak perempuan itu, lebih dari 13 pengungsi dinyatakan hilang di lautan.

Seperti dilansir Mirror, 19 September 2015, ribuan orang pengungsi dilaporkan berusaha menyebrangi lautan dari pulau Lesbos menuju wilayah Eropa. Mereka terapung dengan menggunakan papan, itulah mengapa tidak sedikit yang kemudian terjatuh ke laut akibat terjangan ombak.

Nikos Lagkadianos, seorang penjaga pantai, mengatakan bahwa tim penjaga pantai berhasil menyelamatkan 11 orang yang terdampar, sementara seorang anak perempuan ditemukan telah tewas. Mereka menduga masih ada setidaknya 13 orang yang hilang di laut.

Sekitar 30.000 orang, yang sebagian besar mengungsi dari perang di Suriah, dikirim ke daratan Yunani pekan lalu, mereka tiba di Piraeus, Athena bagian barat. Banyak dari mereka sampai tidak dengan naik kapal, melainkan papan-papan, bahkan ada yang berenang di lautan hingga ke pantai.

Meninggalnya anak perempuan malang itu, menjadi pukulan baru bagi Eropa dalam serangkaian tragedy pengungsi Suriah. Negara-negara di Eropa dianggap kurang maksimal dalam membantu dan memfasilitasi para pengungsi Suriah. (rsn-onvsoff)