Gempa 8,3 SR, Chili Terancam Tsunami

Gempa 8,3 SR, Chili Terancam Tsunami

REINHA.com – Gempa hebat berkekuatan 8,3 skala richter baru saja menguncang Chili, Amerika Selatan, Kamis, 17 September 2015. Belum ada laporan pasti mengenai kerusakan dan jumlah korban jiwa, namun Pusat Peringatan Tsunami Pasifik telah mengeluarkan peringatan akan adanya gelombang tinggi yang mendekati sepanjang pantai Chili dan Peru.

Seperti dilansir Mirror, 17 September 2015, gempa berpusat di 44 mil barat laut dari Illaper, Chili, sekitar 153 mil dari ibukota Santiago. Laporan awal mengatakan bahwa bangunan di kota bergoyang kuat dan orang-orang di dalamnya berlarian panik ke tempat yang aman.

Gempa tersebut juga diikuti oleh dua gempa susulan dengan kekuatan yang cukup besar di 6,2 dan 6,4 skala richter.

Peringatan tsunami dikeluarkan tak lama setelah gempa tersebut. Waspada tsunami dikeluarkan untuk sepanjang pantai Chili, Peru dan Hawaii.

“Berdasarkan semua data yang tersedia, tsunami yang mungkin dihasilkan oleh gempa bumi ini dapat merusak wilayah pesisir, bahkan dikhawatirkan akan ada ancaman tsunami untuk Hawaii” menurut laporan dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Chili sebelumnya beberapa kali dilanda gempa hebat. Tahun lalu pada bulan April, gempa berkekuatan 8,2 skala richter menewaskan 6 orang dan 80.000 orang mengungsi dari rumah. Yang terparah pada tahun 2004, tsunami menerjang Chili setelah gempa berkekuatan 9,1 skala richter, setidaknya 500 orang tewas dalam bencana tersebut. (rsn-reinha)