ISS Tunjukkan Perbedaan Korsel Dan Korut Dari Luar Angkasa

ISS Tunjukkan Perbedaan Korsel Dan Korut Dari Luar Angkasa

REINHA.com – International Space Station (ISS) baru-baru ini merilis sebuah foto yang cukup mengejutkan. Foto yang diambil oleh seorang astronot ISS ini memperlihatkan perbedaan yang sangat kontras antar dua negara yang bertetangga dekat, Korea Utara dan Korea Selatan.

Seperti dilansir Mirror 26 September 2015, sebuah foto diambil oleh astronot ISS dari ketinggian ribuan mil dari permukaan bumi. Memperlihatkan penampakan kedua negara di malam hari. Perbedaan yang sangat kontras pun terlihat, jumlah penerangan kedua negara tersebut sangat berbeda jauh.

Korea Selatan, yang di foto berada di sisi atas, terlihat begitu gemerlap. Lampu-lampu yang sangat terang berasal dari rumah-rumah, area bisnis, jalan-jalan dan struktur lainnya, menunjukkan mereka merupakan negara modern dengan kota-kota besar yang sibuk sekalipun di malam hari.

Di bagian bawah, menunjukkan China pun gemerlap meski tidak segemerlap Korea Selatan. Di antara Korea Selatan dan China terdapat Korea Utara. Berbeda jauh dengan Korea Selatan dan China, hanya ada sedikit lampu terlihat di Korea Utara.

Hal itu menunjukkan betapa mirisnya rakyat Korea Utara yang hidup dengan sedikit penerangan, atau malah sebagian besar dari mereka hidup tanpa ada penerangan sama sekali.

Astronot Scott Kelly, yang memposting foto tersebut di akun Twitternya, mengatakan “Saya merasa iba dengan rakyat Korea Utara, ketika saya melihat dengan mata saya sendiri, mereka hidup tanpa listrik” (rsn-reinha)