Moranbong Band, Simbol Modernisasi Korea Utara

Moranbong Band, Simbol Modernisasi Korea Utara

REINHA.com – Para gadis muda melangkah percaya diri di atas panggung, mereka memegang biola mereka seolah itu adalah senjata untuk berperang. Gaun hitam pendek menunjukkan kaki jenjang mereka, rambut mereka ditata dengan rapi dan sempurna.

Namun mereka bukanlah girl band ‘lollipop’ korea yang belakangan ini digandrungi muda-mudi di seantero negeri. Mereka adalah Moranbong, girl band yang dibentuk oleh pemimpin Korea Utara yang dikenal diktator, Kim Jong Un.

“Bagaimana dia bisa begitu baik, senyumnya begitu hangat dan manis. Saya tidak punya pilihan selain jatuh hati kepadanya dan hatinya yang hangat” demikian cuplikan lirik dalam salah satu lagu yang dibawakan oleh Moranbong.

Seperti dilansir CNN, 4 September 2015, Moranbong diyakini sebagai sebuah girl band asal Korea Utara yang dibentuk sendiri oleh Kim Jong Un pada tahun 2012. Band ini merupakan simbol negara menuju modernisasi.

Karena itu tidak begitu mengherankan mengapa pada live performance mereka di tahun 2013, Moranbong menampilkan gambar Kim Jong Un pada layar proyektor besar di panggung mereka. Slide gambar Kim Jong Un berganti bersamaan dengan permainan synthesizer dan biola mereka. (Lihat videonya di sini)

Saat musik crescendo mengalun, gambar rudal muncul. Itu merupakan video yang menunjukkan peluncuran rudal jarak jauh, dari barat menuju Samudera Pasifik. Pertunjukan tersebut disambut meriah oleh kerumunan petinggi Korea Utara. Mereka bersorak-sorai dengan antusias ketika rudal meluncur dan meledakan gambar planet bumi.

Profesor Yoo Ho Yeol dari Korea University mengatakan bahwa pengaruh barat telah masuk ke dalam budaya DPRK, terutama dalam bidang fashion dan musik. Profesor Yoo percaya, perubahan ini cenderung merupakan ‘polesan make up’, tidak menunjukkan keaslian budaya Korea Utara. Masuknya rezim budaya barat, dikatakan profesor Yoo memiliki motif politik untuk memperkuat dukungan negara barat terhadap Kim Jong Un. (rsn-reinha)