Nelayan Temukan Ikan Raksasa Mengerikan Di Jepang

Nelayan Temukan Ikan Raksasa Mengerikan Di Jepang

REINHA.com – Hirasaka Hiroshi, seorang nelayan yang mencari ikan di lepas pantai pulau Hokkaido, Jepang, menemukan ikan raksasa mengerikan. Ikan yang dikenal dengan nama Wolffish itu hidup di laut tak jauh dari lokasi meledaknya pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daichii yang terjadi pada tahun 2011 silam.

Wolffish dikenal dengan reputasi yang buruk di dunia hewan air karena ukurannya yang besar dan penampilannya yang mengerikan. Jenis ini merupakan salah satu spesies yang pernah ditampilkan dalam acara Animal Planet seri River Monsters.

Seperti dilansir Dailymail, 16 September 2015, Wolffish umumnya hidup di lautan Pasifik dan Atlantik. Sebagai penghuni laut dalam, mereka memakan ikan-ikan atau makhluk laut lain yang lebih kecil.

Biasanya ikan ini tumbuh hingga sekitar 1,2 meter, namun Wolffish yang ditangkap Hirasaka jauh lebih besar dari ukuran normal. Panjangnya mencapai 2 meter, dengan kepala yang sangat besar dan mulut menganga lebar yang cukup besar untuk menelan seorang anak kecil.

Tangkapan Hirasaka kali ini menimbulkan kekhawatiran para nelayan yang mencari ikan di sekitar lokasi bencana Fukushima. Diduga ikan itu tumbuh melebihi batas normal akibat radiasi zat yang dihasilkan setelah terjadinya ledakan nuklir.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi meledak pada tahun 2011 karena dipicu oleh gempa bumi berkekuatan 8,9 skala richter yang melanda Jepang. Gempa merusak system pendingin PLTN, menyebabkan tiga reaktor inti meleleh dan memuntahkan radiasi ke laut. (rsn-reinha)