8 Makanan Pencegah Kanker

8 Makanan Pencegah Kanker

REINHA.com – Gaya hidup modern membuat orang mudah menderita berbagai penyakit ringan bahkan parah seperti tumor dan kanker. Meskipun obat-obatan telah berkembang sedemikian rupa, ada baiknya untuk mencegah sebelum mengobati. 8 makanan ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk mencegah kanker.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat atau jenis makanan tertentu yang terbukti secara klinis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, kita dapat mencegah atau menunda penyakit ini sejauh mungkin. Dikutip dari healthmindbodies.com, berikut ini 8 makanan yang dapat mencegah kanker.

1. Kembang kol

Kembang kol mengandung sulforaphane, senyawa yang telah terbukti memiliki efek anti-kanker. Sulforaphane dilepaskan ketika kembang kol dipecah, sehingga fokus pada mengunyah sebelum menelan. Senyawa ini berusaha dan menghancurkan sel-sel kanker tertentu tanpa merusak sel sehat Anda.

2. Wortel

Meskipun wortel selama ini dianggap baik untuk penglihatan, penelitian dari sepuluh tahun terakhir menunjukkan bahwa mereka juga baik untuk mencegah beberapa jenis kanker, salah satunya adalah kanker prostat.

3. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang kaya manfaat dan wajib ada di menu sehat Anda. Alpukat memiliki banyak nutrisi dan antioksidan yang terkandung di dalamnya telah terbukti mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Alpukat juga memiliki lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

4. Brokoli

Brokoli adalah salah satu pejuang kanker alami terbaik terhadap berbagai jenis kanker. Usus besar dan kanker kandung kemih berada diantara dua kanker yang bisa diobati atau bahkan dicegah ketika makan brokoli.

5. Tomat

Tomat yang dimasak membantu tubuh Anda melepaskan lebih banyak lycopene, sebuah fitokimia tertentu yang memberikan manfaat melawan kanker. Tomat juga menyediakan antioksidan yang cukup banyak bagi tubuh Anda, antioksidan ini berguna untuk mengobati atau mencegah kanker prostat.

6. Kenari

Ingin mencegah kanker payudara atau kanker prostat? Kenari mungkin jawaban Anda. Mereka juga banyak mengandung omega 3, jenis asam lemak yang sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan kita seperti menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan mengurangi kolesterol tinggi.

7. Bawang Putih

Mengkonsumsi bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya tentu saja untuk mencegah kanker. Bawang putih dikatakan dapat menghentikan sel-sel kanker bertambah banyak dan menyebar. Mereka juga memiliki efek antivirus dan antibakteri, bertindak seperti antibiotik dan dapat bekerja dengan baik terutama terhadap infeksi jamur.

8. Jahe

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe benar-benar bekerja lebih baik daripada obat kanker dalam memerangi sel kanker. Selain itu, jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi, dan dapat mengobati sakit pada persendian. (rsn-reinha)