Alergi Langka, Anak Ini Tidak Dapat Makan Apapun

Alergi Langka, Anak Ini Tidak Dapat Makan Apapun

REINHA.com – Diusia pertumbuhan, balita umumnya akan mulai diberikan makanan padat yang lebih bervariasi oleh orang tuanya. Namun hal ini tidak bisa dilakukan oleh orang tua dari Indi Rigby, 2 tahun. Tidak seperti balita pada umumnya, Indi tidak dapat makan makanan padat apapun.

Keanehan yang terjadi pada Indi sudah terlihat sejak ia masih bayi. Ia mengalami masalah saat mengkonsumsi susu formula, namun dokter mengatakan bahwa ia hanya mengalami alergi susu sapi. Alergi tersebut dapat segera diatasi setelah ia cukup usia untuk memakan makanan padat.

Namun saat ia berusia sepuluh bulan. Indi akan muntah-muntah dan lemas hanya beberapa jam setelah ia memakan makanan padat. Indi tampak tidak bersemangat dan tidak bertenaga.

Beberapa bulan kemudian orangtuanya membawa Indi ke rumah sakit untuk memeriksakan keanehan itu. Indi didiagnosis dengan alergi makanan langka yang disebut Food Protein Induced Enterocolitis Syndrome (FPIES), yang artinya Indi alergi terhadap nyaris semua makanan padat.

FPIES adalah jenis yang tidak biasa dari alergi makanan, yang biasanya hanya terjadi pada bayi dan anak-anak di usia yang sangat muda. Secara umum, reaksi alergi dimulai sekitar dua sampai empat jam setelah makan makanan padat dan alerginya dapat bertahan selama beberapa hari.

Seperti dilansir Mirror, 9 Oktober 2015, kini gadis kecil asal Lisburn, Irlandia, itu mengkonsumsi makanan formula khusus. Hingga kini tidak diketahui sampai kapan ia akan menderita alergi tersebut. Namun dokter yang merawat Indi berharap alerginya akan berhenti saat ia berusia empat tahun. (rsn-reinha)